December 4, 2010

Perbedaan Kristen & Nasrani

By Oland Bin Sitorus


Dewasa ini sering kita jumpai seorang Muslimin menanyakan apa agama kita. Kebanyakan Orang Percaya menjawab, "saya Nasrani". Pertanyaannya, apa benar kita seorang Nasrani? Lalu apa beda Kristen & Nasrani? Marilah kita sedikit mengulas permasalahan ini. Di dalam Alkitab kata-kata Kristen digunakan partama kali di Antiokhia sebagai ejekan terhadap orang yang mengikuti Jalan Kristus (Kis 11:26). Lalu apa itu istilah kata Nasrani? Nasrani adalah sekte yang telah salah mengajarkan ajaran tentang Yesus. Kami dapati orang ini pengacau yang berbahaya. dimana-mana ia menimbulkan keributan di antara orang -orang Yahudi dan ia menjadi pemimpin gerekan orang-orang Nazaret.(Kis 24:5 dalam terjemahan asli Yunani). Di dalam Al-Quran, Orang-orang Nasrani disebut sebagai orang sesat yang hendak mentuhankan Isa Almasih sebagai Allah Yang Esa itu, padahal Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah Sabda Allah/Firman Allah yang hidup (Yoh1 1:1-3). Kita sebagai umat Kristen mengakui Yesus sebagai Sabda Allah/Firman Allah yang hidup, yaitu Allah sendiri. Kita sebagai orang Kristen yang benar tidak pernah menganggap Yesus sebagai Allah Yang Esa (Bapa). Di sini tampak dengan jelas perbedaan antara Kristen dengan Nasrani. Teks asli Alkitab (Yunani) dituliskan kata Kristen berasal dari kata Christiani, sedangkan Nasrani berasal dari kata Nasaret. Kita bukanlah seorang Nasrani, melainkan seorang Kristen sejati. Apakah sekarang anda akan menjawab,"saya seorang Nasrani" bila ada seseorang Muslimin bartanya pada anda???

4 comments:

  1. menginspirasi dan jadi tambah ngerti . Terimakasih....

    ReplyDelete
  2. artikel nya sangat bagus

    tapi lebih bagus lagi kalo lebih luas maknanya

    coba lihat disini

    http://kristendalamfakta.blogspot.co.id/2015/06/apa-beda-nasrani-dan-kristen.html

    ReplyDelete
  3. Setuju...!!!

    KRISTEN bukan-lah Nasrani...!!!

    Terjadi kesalahan terbesar dalam sejarah...!!!

    ReplyDelete
  4. betul pak, nasrani(Nazarene) bukanlah kristen, karena ajarannya bertolak belakang, tetapi sama-sama memakai 2buku yang sama yaitu Perjanjian Lama dan Baru.

    Orang Nasrani(Nazarene) merupakan sekte kumpulan orang yahudi, samaria dan yunani juga orang-orang daerah timur tengah yang taat terhadap Hukum Taurat juga berpegang teguh pada Janji keselamatan yang diberikan YHWH Elohim mereka lewat mesias yaitu Yeshua dari Nazaret.

    Sedangkan Kristen adalah sekumpulan jemaat Yunani yang percaya bahwa Yesus sang Kristus yang dijanjikan Allah Bapa datang untuk menebus dosa manusia dengan menghancurkan Hukum Taurat yang sudah diberikan kepada orang Ibrani, sehingga semua orang dibumi bisa masuk sorga dengan percaya kepada-Nya.

    Nazarene :
    - Taat terhadap hukum Taurat dari Sabat sampai Tzitzit.
    - Semua hari raya menurut Perjanjian Lama.
    - Tidak mengikuti adat istiadat nenek moyang seperti aturan Talmud/Tata Cara Ibadah/Liturgi Kebaktian, menurut ajaran para pemimpin mereka, semua tata cara atau adat istiadat nenek moyang adalah ragi yang harus dibuang dari perkumpulan.
    - Menurut mereka Umat/Jemaat/Eklesia/Igreja/Gereja dalam perjanjian lama dan baru adalah perkumpulan orang percaya yang menjadi satu dalam Kerajaan Israel/Satu tubuh kesatuan Israel(bukan negara israel yang sekarang ada).
    - Kehidupan setelah kematian : Dikumpulkan kepada suku nenek moyang mereka untuk menantikan datangnya Mesias untuk menghakimi semua orang. (tidak langsung ke sorga/neraka setelah mati)

    Kristen :
    - Tidak berpegang pada Hukum Taurat, karena sudah dihancurkan dengan kebangkitan Yesus Kristus dan menurut mereka digantikan dengan Hukum Kasih.
    - Tidak menuruti hari perjamuan makan Perjanjian Lama, tetapi merayakan Hari kelahiran Yesus dan kematian Yesus dan kebangkitan Yesus dan kenaikan Yesus.
    - Sangat taat terhadap adat istiadat nenek moyang pendiri gereja seperti pergi ibadah di hari minggu,setiap beribadah ada liturgi(aturan kebaktian),persepuluhan,dll.
    - Menurut mereka Jemaat dalam perjanjian baru adalah perkumpulan orang percaya yang menjadi satu dalam tubuh Kristus.
    - Kehidupan setelah kematian : Mereka yang hidup didalam Kristus apabila dia mati akan masuk sorga. Bila tidak didalam Kristus akan masuk neraka.

    Lalu bagaimana cara membedakan orang Nasrani dan Kristen dijalan-jalan kota ?.

    Nasrani :
    - Lihat kumis dan jenggot yang panjang (kecuali mereka habis bernazar pasti gundul semua) Laki.
    - Lihat di pinggang mereka ada bandulan kain putih lilit dengan selipan benang biru ditengahnya Laki dan Perempuan.
    - Setahu saya tidak memakai simbol-simbol tertentu sebagai bentuk ekspresi mereka.

    Kristen :
    - Lihat lambang salib,merpati,buku terbuka,lambang api(gerakan gereja pentakosta dan Bethel), kutipan ayat, dll di kaos, kalung, scarf, sticker.

    ReplyDelete