January 20, 2011

Serial Tweet #sunat

Ditweet oleh @incoharper pada 29 Desember 2010


Kalo 15 menit lagi gw ngetwit tentang , @ mau dengerin gak yaaaa? ;)


Brtanya kpd @, apakah benar  itu tak tertulis di al-Quran melainkan pada Hadits?


Scr etimologi,  brsl dr kata arab 'khitan' atau ibrani 'khatan'. Istilah yg muncul dr 'b'rit Milah' atau Perjanjian Khitan.


Prjanjian yg dimaksud adlh antara Allah dgn umat-Nya, yg prtama2 diwahyukan kpd Abraham/Ibrahim. 

 trcatat pada Kitab Taurat, Sefer Bereshit, Kejadian 17:10-11. Walau tradisi ada yg mngatakan juga utk wanita, tp yg harus utk laki2.


Dlm bhs Ibrani, 'kulit khatan' disebut 'arel. Maka orang yg tk brsunat disebut ha 'Arelim, orang2 yg berkulup.  

Tradisi  dikenal oleh suku2 semitis (kturunan Sem bin Nuh) di timur tengah, kecuali orang Asyur, Babil & Filistin kuno.


Dlm tradisi kuno pra-alkitab,  dikaitkan dgn syarat memasuki prkawinan. Dlm bhs Ibrani mnantu laki2 disebut 'khatan'. Mrtua 'khoten'.


padanan kaya bhs2 semitik kuno mnunjukkan bhwa  brkaitan dgn ritus prkawinan kuno yg dilestarikan oleh Yudaisme & kmudian Islam.


Walau trcatat scr tradisi, namun  dlm alkitab dipandang sbg simbol prjanjian Allah dgn umat-Nya melalui A/Ibrahim.


Sewaktu di , Abraham tlh brumur 99th, juga Ismail punyanya yg brumur 13th jg ikut disunat. Slain mreka, juga disunat sluruh budaknya.


Slanjutnya printah  diwajibkan bg stiap anak2 Israel pd umur 8 hari (Bereshit/Kejadian 17:12). Jd bgitu Ishak lahir, umur 8hr disunat.


Jadi, Ishaklah yg di  persis sama dgn hukum Taurat (Bereshit/Kej 21:4).


Krn hal itulah,  oleh orang2 Israel dipandang sbg simbol, bukan fungsi jasmani sperti bangsa2 lain pada jamannya.


 pd Ishak mlambangkan aspek batiniah dan pd Ismael mlambangkan lahiriah krn Ismael disunat saat sudah mngerti umur 13thn.


Bangsa Arab, yg mjadi kturunan Ismail,  dipahami sbg pra-syarat memasuki prkawinan. Tradisi ini tak bs diragukan lagi.


Mnrut Flavius Yosephus,  Yahudi dilakukan pd usia 8hari. Sedang orang Arab pd usia 18thn sebelum menikah.


Dlm Yudaisme, mnrt Rabbi El'azar,  mngandung makna pentahiran salah satu dr 248 bagian dlm tubuh manusia (Yoma 85b).


Namun dlm prkmbangannya,  dipandang orang Yahudi sbg identitas kebangsaan yg (bahayanya) cenderung chauvinistis.


Oleh Yahudi,  dipandang sbg ritual smata2, dan mlupakan makna yg sbenarnya yg mnuntut ketaatan kpd Allah Sang Pencipta.


Mhadapi pndangkalan makna , Nabi Musa & Yeremia melancarkan kritik tajam kpd bangsa Yahudi (Sefer Haddevarim/Ul. 10:16).


RT @: sunnah2 fitrah itu ada 5: khitan, ckur rmbut kmluan, pndekkan kumis, ptong kuku, & cbut rmbut ketiak (Muttafaq 'alaih)


Isa atau Yesus, sbg orang Yahudi jg di  pd usia 8 hari. Tapi Ia mnyebutkan bhwa scr historis "bkn brasal dr Musa, tp dr nenek moyang".


 mjadi ganjalan stlh Yesus tidak ada dan Kristen mnyebar di kalangan non-Yahudi. Gal 2:3 sring mjadi salah paham utk orang banyak.


Salah paham, seakan2 Paulus melarang orang Kristen utk . Hal itu harus dilihat sbg sikap Paulus utk mncegah chauvinisme Yahudi.


Krn mnurut Paulus, Kristen bkn hanya utk Yahudi & tak bisa memaksakan  orang non-Yahudi. Itu mjadikan superioritas Yahudi nantinya.


Sikap chauvinisme Yahudi ini sdh dlm taraf brbahaya krn mrk memandang bhwa orang2 goyim (non-Yahudi) itu akan mjadi kayu bakar neraka 

Bhkn ada kalangan Yahudi yg menganggap menolong wanita non-Yahudi melahirkan itu haram, krn mbiarkan jumlah goyim brtambah.

Krn itu sikap Paulus utk tidak me  kan Titus adlh kekhawatirannya bhwa greja akan tenggelam pd chauvinisme Yahudi waktu itu.


Menurut Paulus, keselamatan yg dijanjikan taurat sudah digenapi dgn kedatangan Yesus dan bukan dgn simbol2 seperti .


Maka di Kristen, konsep B'rit Millah (perjanjian ) tidak ada lg kaitannya dgn keselamatan & brganti mjadi B'rit Mikwah atau baptisan.


Debat teologis antara Paulus dgn kaum Yahudi tentang malah diteruskan oleh Kaisar Hadrianus yg pagan pd tahun 117-138 Masehi.


Pd tahun trsebut, Hadrianus mngeluarkan larangan praktek dan mngancam praktek ini dengan hukuman mati krn dianggap kebiasaan biadab.


Pelarangan  ini mnyebabkan pemberontakan Bar Khokhba (132M), tp kaisar brikutnya, Antonius Pius, mengijinkan lagi praktek ini.


Jika di Yahudi  hanya utk laki2, maka di Islam sunat juga diperuntukkan bagi wanita. Mungkin rekan muslim bs mnjelaskan hukum2nya? :)


Di Indonesia, tradisi  diidentifikasikan sbg khas Islam. Di Jawa, khitan disebut dgn 'selaman' atau 'sudah di-Islam-kan'.


Praktek  smpai saat ini msh dipertahankan di greja orthodox koptik & etiophia namun sbg tradisi pentahiran belaka bukan teologis.


Thanks infonya. :) RT @: selain gara2 , bar kokhba memberontak krn kaisar hadrian membangun kuil pagan diatas kenizah.


Brbeda dgn di timur, greja barat/latin, memahami surat Paulus scr literal shingga praktek  pd greja orthodox dianggap salah.


Bahkan konsili Greja Katolik di Florence th 1442 scr eksplisit mngutuk kbiasaan praktek . Hal itu yg mbuat orang barat jarang disunat.


Thank you Hanum :) RT @: ini tentang perempuan dlm Islam 


Ada salah satu suku di Arab, Bani Ghasan, yang Kristen namun tetap mempraktekkan tradisi .


Jadi masalah " atau tidak sunat" bukanlah mslh "Islam atau Kristen" krn ada Arab Kristen yg brsunat & ada pula Kristen Roma yg mnolak.


Kmbali ke surat Paulus, maka larangan  harus dipahami sbg "larangan untuk mengandalkan sunat sbg syarat keselamatan".


Jadi di Kristen,  atau tidak sunat tidak brarti apa2 scara teologis. Greja tidak mwajibkan tp juga salah jika melarangnya.


Yg mnarik, greja orthodox koptik trnyata melakukan  pd bayi laki2 usia 3 hari. Jd kl ukurannya Yahudi, mrk lbh Yahudi drpd Yahudi. :)


Sedang Mesir Muslim biasa mlakukan  pd anak laki2 umur 5 atau 6 tahun. Artinya tradisi sunat ada sblm Yahudi atau Islam.


Demikianlah bbrp twit tentang . Semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment