diambil dengan ijin @RisdoMangun dari http://twitter.com/RisdoMangun
1.Menanggpi TL Bg @_winer dn @berita_Sahih atas TL gokil @Gereja_palsu, mrasa perlu mluruskn bbrp hal soal #tradisiAmsngja skrg biar tnang
2.Sy gk mau protes soal ksungguhan mrka mlwan pelecehan minoritas, sy cm ingin mprbaiki kesalhnphman trkait #tradisiAm
3.Dlm bbrp kasus yg salah paham #tradisiAm umumnya mengutip pndangan #liberalisTeologi, jd justru sering berbalik mnyrang kekristenan
4.Krn pd hakikatnya #liberalisTeologi muncul krn mencoba melepaskan pnafsiran Alkitab dari #tradisiAm
5.Cikal bakal hal ini sbnarnya slogan reformasi Sola Scriptura, yg meski baik dlm bbrp hal, namun jk ekstrim akn mlnyapkan#tradisiAm
6.Ini pula yg mmbuat tman2 protestan slah paham akan #tradisiAmmengira gereja2 yg lebih tua menyimpang dr Alkitab
7.Pdhal dlm #tradisiAm Alkitab bknnya tidak diakui sbagai Firman Allah, justru sangat dijunjung tinggi
8.Hanya saja Alkitab dianggap sebagai bagian utama dari #tradisiAmjd tidak lepas begitu saja
9.Sikap seperti ini akn mnjaga agara tafsiran Alkitab tidak serampangan skhendak orang. Tapi dijagai oleh #tradisiAm
10.Jadi saat gereja2 yg lbh tua dr Protestan (ktolik Roma/Timur, orthodoks, Assiria) mnyatakan bhwa mereka mnjujung #tradisiAm
11.Sebnarnya mereka juga menjunjung Alkitab sbgai firman Allah yg mrupakan bgian utama #tradisiAm tadi.
12.Bicara soal #tradisiAm tentu kt harus mengingat bhwa ini diteruskan dari Kristus mlalui para rasul
13.Para rasul kemudian meneruskan #tradisiAm ini kepada jemaat secara tak putus-putusnya dikenal sbagai #suksesiApostolik
14.Misalnya di Antiokhia Rasul Petrus mnruskan ajaran kpd St. Ignatius, St. Evodius, dst #suksesiApostolik #tradisiAm
15.Rasul Yohanes mnruskan ajaran kpd St. Polikarpus, St. Polikarpus kpd St. Ireneus dst... #suksesiApostolik #tradisiAm
16.Dlam #tradisiAm jika ad yang mengajarkn/mnuliskan suatu doktrin kristen kpd jmaat, akn ditanyai #suksesiApostolik dari tulisan/orang tsb
17.Penggunaan #suksesiApostolik dalam #tradisiAm ini mirip dengan ilmu sanad hadits dlm Islam
18.Ajaran/tulisan yang tidak bisa menunjukkan kesinambungan#suksesiApostolik akan ditolak dalam #tradisiAm
19.Wajar saja kalau kbanyakan Injil Palsu selalu memulai klmtny dengan : Inilah perkataan rahasia dari Yesus… #suksesiApostolik#tradisiAm
20.Sebab kitab2 tersebut tidak bisa membuktikan sinambungnya mereka dengan #suksesiApostolik dlam #tradisiAm
21.Tanpa #suksesiApostolik tak mungkin ada #tradisiAm tak mungkin pula terangkum Alkitab seperti skrang. Suksesi ini ad lbh dulu dr Alkitab
22.Maka dari itu pnting sekali kita memandang Alkitab tak lepas dari#tradisiAm yang diturunkan lewat #suksesiApostolik
23.Selain yang tertulis dlm Alkitab, #suksesiApostolik juga mriwayatkan bentuk-bentuk lain #tradisiAm diajrkan scra lisan maupun lwt tulisan
24.Penetapan bentuk dan corak kepemimpinan dlm jemaat adalah salah satunya #suksesiApostolik #tradisiAm
25.Demikian pula beberapa ajaran-ajaran dan tata cara beribadah#suksesiApostolik #tradisiAm
26.Alkitab sendiri memberi kesaksian hal ini misal dalam II Tes 2: 15#suksesiApostolik #tradisiAm
27.Memandang ritual/ajaran dlam gereja2 tua tnpa memahami#tradisiAm akn menghasilkan tuduhan serampangan
28.Bahkan orang mungkin mengira ritual/ajaran #tradisiAm itu berasal dari kekafiran/penyembahan brhala
29.Inilah yang dialami oleh Yohanes Calvin saat mghapus banyak sekali #tradisiAm di Gereja Calvinis
30.Memang harus diakui ada beberapa penyimpangan Alkitab di greja tua (wktu itu khususnya Grja Katolik Roma) yg seolah dibenarkn #tradisiAm
31.Tapi jika dirunut-runut kebenarannya akan kelihatan bahwa pnyimpangan itu juga adlh pnyimpangan terhadap #tradisiAm
32. Luther lebih bersikap menghapus #tradisiAm yang dianggapnya tdk sesuai dengan Alkitab
33.Tapi Calvin lebih ekstrim dengan menghapus semua #tradisiAmyang tidak tertulis di Alkitab
34.Inilah yg membuat Protestan khususnya Calvinis tdk bisa lagi menyelami keasalian #tradisiAm bahkan menyepelekan/menghindarinya
35.O ya #tradisiAm ini tidak hanya bicara ap yang dilakukn di Greja Ktolik Roma, tp juga Grja2 Timur (Ort Timur, Oriental, Kat.Timur,Assira)
36.Pmhaman Gereja2 Timur sering membantu mnengahi perdbatan Protestan dn Ktolik Roma soal #tradisiAm yg sering mnjurus k konflik nonteologis
37.Mari bhas brrpa #tradisiAm lain yg sering diperdebatkan. Pertama soal #doaBertasbih
38.Rosario di Katolik, Doa Puja Yesus di Gereja Timur adlah bntuk2#doaBertasbih yang dipraktikan sbgai #tradisiAm
39.Bentuk #doaBertasbih brasal dr Yahudi, sbgaimana diikuti oleh Kristus dn diteladani srta diajarkan para rasul dlm #tradisiAm
40.Selengkapnya pnjlasan ini dpt dilihat di #doaBertasbih #tradisiAmhttp://agama.kompasiana.com/2011/01/26/mengenal-umat-al-masih-timur-6/
41.Jadi #doaBertasbih dalam #tradisiAm bukanlah kebiasaan pagan,sebagai mana dituduh oleh #liberalisTeologi
42.Dmikian pula #airPembasuhan yang merupakan #tradisiAm yang juga diteruskan dan diberi makna baru oleh Al-Masih
43.Lebih lngkap dpt diihat di link yg samahttp://agama.kompasiana.com/2011/01/26/mengenal-umat-al-masih-timur-6/ #airPembasuhan #tradisiAm
44.Selanjutnya #tradisiAm soal penghormatan kepada #orangKudusyang sering dituduh sbgai penyembahan berhala
45.Padahal letak perbedaan #tradisiAm dan Protestan disini bukanlah soal apakah #orangKudus itu disembah dalam doa, jd bkan soal pmbrhalaan
46.Tapi soal apakah #orangKudus itu masih hidup atau suda mati. Di #tradisiAm diyakini orang percaya tetap hidup di surga
47.Keyakinan ini juga diajarkan Alkitab. Mis Mat 22:32, 27:52,Yoh 8:56, 10:25,Ibr 11:40-12:1, dll #orangKudus #tradisiAm
48.Jadi meminta #orangKudus mendoakan kita dalam #tradisiAmadalah hal yg wajar, sama seperti meminta pendeta/saudara yang lain mendoakan kt
49.Kaum Protestan boleh-boleh sjaa tidak setuju bhwa#orangKudus #tradisiAm itu masih hidup dan tidak mminta doa kepadanya.
50.Tapi tentu harus memahami bahwa #tradisiAm bukannya menyembah berhala saat meminta didoakan oleh #orangKudus
51.Penghormatan #orangKudus dlam #tradisiAm seharusnya juga dimaknai kerinduan untuk menghargai teladan mereka
52.Sebab #orangKudus #tradisiAm adalah orang2 biasa, namun dipakai Tuhan utk jadi inspirasi. Sehingga patut dikenang
53.Gereja #tradisiAm sdar betul bhwa mnusia suka mlupakan teladan2 #orangKudus stlah lewat bbrpa waktu (spt yg trjadi pd tokoh2 Protestan).
54.Maka dari itu dengan sadar #tradisiAm mendaftarkan#orangKudus u/ trus dhormati dan dhayati tladannya. Disusun pula kalender pengenangnya
55.Hampir sama dengan itu adalah penghormatan kepada#bundaMaria dalam #tradisiAm. Ini sering dikira diambil dari devosi#venus
56.Padahal memandang #bundaMaria sebagai ibu adalah#tradisiAm yang diperintahkan oleh Al-Masih (Yohanes 19:27) khusnya kpada Rasul Yohanes
57.Menurut #tradisiAm mengucap salam utk #bundaMaria adalah teladan yg selalu dilakukan oleh para rasul. Trutama Rasul Yohanes
58.Maka #tradisiAm salam kepada #bundaMaria pun terus dilakukan karena keyakinan #orangKudus tetap hidup di surga.
59.Mmg bbrpa Bapa Gereja sempat khawatir #tradisiAm#bundaMaria ini akan dianggap sama dengan pemujaan dewi Bumi (Diana/venus/Astera, dll)
60.Salah satu alasan Nestorius dan Grja Assiria menolak sebutan “Bunda Allah” untuk #bundaMaria juga karena hal ini. #tradisiAm
61.Meski demikian Gereja Assiria tidaklah menyalahkan #tradisiAmpenghormatan kepada #bundaMaria sosok beliau tetap dihormati
62.Kiranya teladan Gereja Assiria ini boleh diikuti kaum Protestan shngga tdk asal tuduh #tradisiAm #bundaMaria itu sesat/berasal dari pagan
63.Apalagi menuduh #tradisiAm #bundaMaria sebagai cangkokan dari pemujaan #venus seperti tuduhan #liberalisTeologi
64.Berikutnya adalah #tradisiAm soal penggunaan #ikon, baik berupa lukisan maupun patung
65.Orang Protestan suka menuduh #ikon #tradisiAm melanggar Titah Kedua Hukum Taurat
66.Padahal dlm Kemah Suci/Bait Allah PL juga bnyak patung2 mis Kerubim, pohon korma, buah labu, lembu, singa dll. #ikon#tradisiAm
67.Kenapa hal ini tidak salah? Karena yang dilarang adalah patung untuk disembah sebagai ilah. #ikon #tradisiAm
68.Dalam #tradisiAm #ikon sebenarnya adalah teologi (pengajaran/kesaksian) lewat seni rupa
69.Sama sprti seni retorika boleh dipkai berteologi (dlm khotbah), seni musik/suara dipakai brteologi (dlm kidung pujian) #tradisiAm#ikon
70.Sama sprti seni menulis dipakai berteologi (dlm tulisan2 kristen), seni tari dipakai berteologi (misal kyak tmborin) dll #tradisiAm #ikon
71.Maka dalam hal ini kesahihan penggunaan #ikon adalah sama seperti pengejawantahan sarana brteologi lainnya dalam #tradisiAm
72.Untuk jemaat mula-mula #ikon #tradisiAm bahkan dirasa sangat perlu, saat aniaya kdang sgt perlu simbol2 penanda
73.Adanya #ikon #tradisiAm juga membantu pekabaran Injil kpd orang-orang yang buta huruf. Namun ini bukanlah alsan utama
74.Penggunaan #ikon #tradisiAm inipun sempat dikhawatirkan di bbrpa jemaat. Mereka khawatir ini disamakan dengan patung pemujaan berhala
75.Inilah yang mendorong gerakan ikonolast (penghancuran ikon) pada sekitar Abad VII. #ikon #tradisiAm
76.Namun gerakan ini toh tidak berhasil menghancurkan penggunaan #ikon #tradisiAm sebab jemaat mencoba seimbang
77.Sbgai imbas grakan itu di sebagian Gereja Syria dan Assiria #ikon #tradisiAm digantikan dengan seni kaligrafi
78.Ini pulalah yang mungkin mjadi alasan mengapa Islam yang dekat dengan Gereja Assiria juga sedikit alergi terhadap #ikon #tradisiAm
79.Tapi setidaknya sudah jelas bhwa #ikon #tradisiAm bukan berasal dr penyembahan berhala seperti tuduhan #liberalisTeologi
80.Itu dulu ya tweeps, kpan2 dlanjut klo ad prtanyaan/prbdaan mis ttg #tradisiAm misal soal #dupa #hidupMelajang #sakramen#jbatanUskup dll.
81.Semoga kita mau sama-sama menghargai, tidak salah paham, serta banyak belajar tentang #tradisiAm
82.Sebab ada perbedaan kedalaman kasih antara sekedar menghargai perbedaan dengan mencoba memahami. Salam #tradisiAm ya!
No comments:
Post a Comment