March 8, 2011

Serial Tweet #tradisiAm

diambil dengan ijin @RisdoMangun dari http://twitter.com/RisdoMangun

1.Menanggpi TL Bg @ dn @ atas TL gokil @, mrasa perlu mluruskn bbrp hal soal sngja skrg biar tnang


2.Sy gk mau protes soal ksungguhan mrka mlwan pelecehan minoritas, sy cm ingin mprbaiki kesalhnphman trkait 

3.Dlm bbrp kasus yg salah paham  umumnya mengutip pndangan , jd justru sering berbalik mnyrang kekristenan


4.Krn pd hakikatnya  muncul krn mencoba melepaskan pnafsiran Alkitab dari 


5.Cikal bakal hal ini sbnarnya slogan reformasi Sola Scriptura, yg meski baik dlm bbrp hal, namun jk ekstrim akn mlnyapkan


6.Ini pula yg mmbuat tman2 protestan slah paham akan mengira gereja2 yg lebih tua menyimpang dr Alkitab


7.Pdhal dlm  Alkitab bknnya tidak diakui sbagai Firman Allah, justru sangat dijunjung tinggi


8.Hanya saja Alkitab dianggap sebagai bagian utama dari jd tidak lepas begitu saja


9.Sikap seperti ini akn mnjaga agara tafsiran Alkitab tidak serampangan skhendak orang. Tapi dijagai oleh 


10.Jadi saat gereja2 yg lbh tua dr Protestan (ktolik Roma/Timur, orthodoks, Assiria) mnyatakan bhwa mereka mnjujung 


11.Sebnarnya mereka juga menjunjung Alkitab sbgai firman Allah yg mrupakan bgian utama  tadi.


12.Bicara soal  tentu kt harus mengingat bhwa ini diteruskan dari Kristus mlalui para rasul


13.Para rasul kemudian meneruskan  ini kepada jemaat secara tak putus-putusnya dikenal sbagai 


14.Misalnya di Antiokhia Rasul Petrus mnruskan ajaran kpd St. Ignatius, St. Evodius, dst  


15.Rasul Yohanes mnruskan ajaran kpd St. Polikarpus, St. Polikarpus kpd St. Ireneus dst...  


16.Dlam  jika ad yang mengajarkn/mnuliskan suatu doktrin kristen kpd jmaat, akn ditanyai  dari tulisan/orang tsb


17.Penggunaan  dalam  ini mirip dengan ilmu sanad hadits dlm Islam


18.Ajaran/tulisan yang tidak bisa menunjukkan kesinambungan akan ditolak dalam 


19.Wajar saja kalau kbanyakan Injil Palsu selalu memulai klmtny dengan : Inilah perkataan rahasia dari Yesus… 


20.Sebab kitab2 tersebut tidak bisa membuktikan sinambungnya mereka dengan  dlam 


21.Tanpa  tak mungkin ada  tak mungkin pula terangkum Alkitab seperti skrang. Suksesi ini ad lbh dulu dr Alkitab


22.Maka dari itu pnting sekali kita memandang Alkitab tak lepas dari yang diturunkan lewat 


23.Selain yang tertulis dlm Alkitab,  juga mriwayatkan bentuk-bentuk lain  diajrkan scra lisan maupun lwt tulisan


24.Penetapan bentuk dan corak kepemimpinan dlm jemaat adalah salah satunya  


25.Demikian pula beberapa ajaran-ajaran dan tata cara beribadah 


26.Alkitab sendiri memberi kesaksian hal ini misal dalam II Tes 2: 15 


27.Memandang ritual/ajaran dlam gereja2 tua tnpa memahami akn menghasilkan tuduhan serampangan


28.Bahkan orang mungkin mengira ritual/ajaran  itu berasal dari kekafiran/penyembahan brhala


29.Inilah yang dialami oleh Yohanes Calvin saat mghapus banyak sekali  di Gereja Calvinis


30.Memang harus diakui ada beberapa penyimpangan Alkitab di greja tua (wktu itu khususnya Grja Katolik Roma) yg seolah dibenarkn 


31.Tapi jika dirunut-runut kebenarannya akan kelihatan bahwa pnyimpangan itu juga adlh pnyimpangan terhadap 


32. Luther lebih bersikap menghapus  yang dianggapnya tdk sesuai dengan Alkitab


33.Tapi Calvin lebih ekstrim dengan menghapus semua yang tidak tertulis di Alkitab


34.Inilah yg membuat Protestan khususnya Calvinis tdk bisa lagi menyelami keasalian  bahkan menyepelekan/menghindarinya


35.O ya  ini tidak hanya bicara ap yang dilakukn di Greja Ktolik Roma, tp juga Grja2 Timur (Ort Timur, Oriental, Kat.Timur,Assira)


36.Pmhaman Gereja2 Timur sering membantu mnengahi perdbatan Protestan dn Ktolik Roma soal  yg sering mnjurus k konflik nonteologis


37.Mari bhas brrpa  lain yg sering diperdebatkan. Pertama soal 


38.Rosario di Katolik, Doa Puja Yesus di Gereja Timur adlah bntuk2 yang dipraktikan sbgai 


39.Bentuk  brasal dr Yahudi, sbgaimana diikuti oleh Kristus dn diteladani srta diajarkan para rasul dlm 


40.Selengkapnya pnjlasan ini dpt dilihat di  


41.Jadi  dalam  bukanlah kebiasaan pagan,sebagai mana dituduh oleh 


42.Dmikian pula  yang merupakan  yang juga diteruskan dan diberi makna baru oleh Al-Masih


43.Lebih lngkap dpt diihat di link yg sama  


44.Selanjutnya  soal penghormatan kepada yang sering dituduh sbgai penyembahan berhala


45.Padahal letak perbedaan  dan Protestan disini bukanlah soal apakah  itu disembah dalam doa, jd bkan soal pmbrhalaan


46.Tapi soal apakah  itu masih hidup atau suda mati. Di  diyakini orang percaya tetap hidup di surga


47.Keyakinan ini juga diajarkan Alkitab. Mis Mat 22:32, 27:52,Yoh 8:56, 10:25,Ibr 11:40-12:1, dll  


48.Jadi meminta  mendoakan kita dalam adalah hal yg wajar, sama seperti meminta pendeta/saudara yang lain mendoakan kt


49.Kaum Protestan boleh-boleh sjaa tidak setuju bhwa  itu masih hidup dan tidak mminta doa kepadanya.


50.Tapi tentu harus memahami bahwa  bukannya menyembah berhala saat meminta didoakan oleh 


51.Penghormatan  dlam  seharusnya juga dimaknai kerinduan untuk menghargai teladan mereka


52.Sebab   adalah orang2 biasa, namun dipakai Tuhan utk jadi inspirasi. Sehingga patut dikenang


53.Gereja  sdar betul bhwa mnusia suka mlupakan teladan2  stlah lewat bbrpa waktu (spt yg trjadi pd tokoh2 Protestan).


54.Maka dari itu dengan sadar  mendaftarkan u/ trus dhormati dan dhayati tladannya. Disusun pula kalender pengenangnya


55.Hampir sama dengan itu adalah penghormatan kepada dalam . Ini sering dikira diambil dari devosi


56.Padahal memandang  sebagai ibu adalah yang diperintahkan oleh Al-Masih (Yohanes 19:27) khusnya kpada Rasul Yohanes


57.Menurut  mengucap salam utk  adalah teladan yg selalu dilakukan oleh para rasul. Trutama Rasul Yohanes


58.Maka  salam kepada  pun terus dilakukan karena keyakinan  tetap hidup di surga.


59.Mmg bbrpa Bapa Gereja sempat khawatir  ini akan dianggap sama dengan pemujaan dewi Bumi (Diana/venus/Astera, dll)


60.Salah satu alasan Nestorius dan Grja Assiria menolak sebutan “Bunda Allah” untuk  juga karena hal ini. 


61.Meski demikian Gereja Assiria tidaklah menyalahkan penghormatan kepada  sosok beliau tetap dihormati


62.Kiranya teladan Gereja Assiria ini boleh diikuti kaum Protestan shngga tdk asal tuduh   itu sesat/berasal dari pagan


63.Apalagi menuduh   sebagai cangkokan dari pemujaan  seperti tuduhan 


64.Berikutnya adalah  soal penggunaan , baik berupa lukisan maupun patung


65.Orang Protestan suka menuduh   melanggar Titah Kedua Hukum Taurat


66.Padahal dlm Kemah Suci/Bait Allah PL juga bnyak patung2 mis Kerubim, pohon korma, buah labu, lembu, singa dll. 


67.Kenapa hal ini tidak salah? Karena yang dilarang adalah patung untuk disembah sebagai ilah.  


68.Dalam   sebenarnya adalah teologi (pengajaran/kesaksian) lewat seni rupa


69.Sama sprti seni retorika boleh dipkai berteologi (dlm khotbah), seni musik/suara dipakai brteologi (dlm kidung pujian) 


70.Sama sprti seni menulis dipakai berteologi (dlm tulisan2 kristen), seni tari dipakai berteologi (misal kyak tmborin) dll  


71.Maka dalam hal ini kesahihan penggunaan  adalah sama seperti pengejawantahan sarana brteologi lainnya dalam 


72.Untuk jemaat mula-mula   bahkan dirasa sangat perlu, saat aniaya kdang sgt perlu simbol2 penanda


73.Adanya   juga membantu pekabaran Injil kpd orang-orang yang buta huruf. Namun ini bukanlah alsan utama


74.Penggunaan   inipun sempat dikhawatirkan di bbrpa jemaat. Mereka khawatir ini disamakan dengan patung pemujaan berhala


75.Inilah yang mendorong gerakan ikonolast (penghancuran ikon) pada sekitar Abad VII.  


76.Namun gerakan ini toh tidak berhasil menghancurkan penggunaan   sebab jemaat mencoba seimbang


77.Sbgai imbas grakan itu di sebagian Gereja Syria dan Assiria   digantikan dengan seni kaligrafi 


78.Ini pulalah yang mungkin mjadi alasan mengapa Islam yang dekat dengan Gereja Assiria juga sedikit alergi terhadap  


79.Tapi setidaknya sudah jelas bhwa   bukan berasal dr penyembahan berhala seperti tuduhan 


80.Itu dulu ya tweeps, kpan2 dlanjut klo ad prtanyaan/prbdaan mis ttg  misal soal    dll.


81.Semoga kita mau sama-sama menghargai, tidak salah paham, serta banyak belajar tentang 


82.Sebab ada perbedaan kedalaman kasih antara sekedar menghargai perbedaan dengan mencoba memahami. Salam  ya!



No comments:

Post a Comment