Diterjemahkan oleh Leonard T. Panjaitan
Penulis | Topik Kepercayaan | Tgl (AD) | Sumber | ||
Purgatori/Berdoa untuk mereka yang telah meninggal dunia. | 190 |
Warga dari kota terkemuka, Aku mengangkat tema hal ini ketika aku hidup, bahwa mungkin aku akan telah memiliki tempat istirahat buat tubuhku. Abercius adalah namaku, seorang murid dari Gembala saleh yang menggembalakan domba-dombaNya di gunung-gunung dan di lading-ladang, yang memiliki mata yang hebat yang melihat dimana-mana, yang mengajari diriku ajaran kehidupan dari orang-orang beriman. Berdiri di sini, Aku, Abercius memerintahkan hal ini untuk digoreskan : Sejatinya, Aku ada di tahun ke-72-ku. Semoga orang-orang yang sejalan dengan ajaran ini dan yang memahaminya agar berdoa untuk Abercius. | |||
Alexander dari Alexandria | Maria [Theotokos atau Bunda Allah] | 324 |
Setelah ini kita mengetahui kebangkitan orang mati, buah pertama yang mana adalah Tuhan kita Yesus Kristus, yang dalam perbuatanNya, dan bukan hanya tampak luarnya saja, membawa suatu tubuh, dari Maria Bunda Allah yang di akhir jaman datang untuk menghapuskan dosa dunia, disalibkan dan wafat, tapi Dia tidak merasakan kerusakan Ke-ilahianNya, dibangkitkan dari antara orang mati, diangkat ke surga, duduk sisi kanan Sang Bapa. (Credit : Alex) | ||
Maria (Tak Berdosa) | 70 |
Laporan mengenai anak yang riuh di Betlehem. Beberapa orang berkata ? Sang Perawan Maria telah melahirkan padahal dia baru menikah selama dua bulan ? Banyak orang berkata ? Dia tidak melahirkan; sang bidan anak tidak melakukan persalinannya, dan kita tidak mendengar tangisan kesusahan ? | |||
Aphraates Sang Guru Bijaksana | Perminyakan Orang Sakit (Pemberian Minyak Suci) | 345 |
Dari sakramen kehidupan, dengan mana Baptisan orang-orang Kristen, imam [dalam pentahbisan], raja-raja dan nabi-nabi disempurnakan, sakramen tersebut menerangi kegelapan [dalam konfirmasi], meminyaki orang sakit dan melalui sakramen rahasianya itu memulihkan orang-orang berdosa. | ||
Risalah Aphraates | Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 345 |
Tetapi Tuhan belum ditangkap. Setelah berbicara, maka Tuhan bangkit dari tempat dimana Ia telah membuat Paskah dan telah memberikan TubuhNya sebagai makanan dan DarahNya sebagai minuman dan Dia bersama para muridNya pergi ke tempat dimana Dia ditangkap. Namun dia yang makan TubuhNya dan minum DarahNya, pada saat Dia mempertimbangkan tentang kematianNya. Dengan TanganNya sendiri, Tuhan memberikan tubuhNya untuk dimakan dan sebelum Dia disalibkan, Dia memberikan DarahNya sebagai minuman, dan Dia diambil paksa di malam hari pada tanggal ke-empatbelas dan dihakimi sampai jam ke-enam, dan di jam ke-enam mereka mengutukNya dan menaikkan Dia ke kayu salib. | ||
Konstitusi Apostolik | Kanon Perjanjian Lama | 400 |
Sekarang wanita juga bernubuat. Dari yang tua, Miriam saudari Musa dan Harun [Kel.15:20], dan setelah Miriam, Deborah [Hakim 4:4], dan setelah mereka adalah Huldah [2 Raja-raja 22:14] dan Yudit [Yudit 8], yang pertama hidup di bawah pemerintahan Yosiah dan yang terakhir di bawah pemerintahan Darius. | ||
Barnabas | Kanon Perjanjian Lama | 74 |
Demikian, sejak Kristus akan dimanifestasikan dan akan menderita dalam daging, penderitaanNya dinubuatkan. Karena nabi-bani berbicara melawan iblis ? Terkutuklah jiwa-jiwa mereka, sebab mereka telah minta bimbingan iblis dan membimbing diri mereka ? Air muka mereka menyatakan kejahatan mereka, dan seperti orang Sodom, mereka dengan terang-terangan menyebut-nyebut dosanya, tidak lagi disembunyikannya. Celakalah orang-orang itu! Sebab mereka mendatangkan malapetaka kepada dirinya sendiri.[Yes 3:9], berkata ? Marilah kita menghadang orang yang baik, sebab bagi kita ia menjadi gangguan serta menentang pekerjaan kita [Keb. Salomo 2:12]. | ||
Caius | Petrus di Roma | 198 |
Oleh sebab itu telah tercatat bahwa Paus dipenggal di Roma sendiri, dan serupa halnya Petrus disalibkan di bawah pemerintahan Nero. | ||
Clement dari Alexandria | Petrus di Roma | 200 |
Injil menurut Markus memusatkan perhatian pada hal ini. Sebagaimana Petrus telah berkotbah di depan umum di Roma, dan menyatakan Injil melalui Roh Kudus, banyak orang yang hadir di sana meminta kepada Markus, yang telah mengikuti Petrus untuk waktu yang lama dan mengingat perkataan-perkataannya, maka seharusnya Markus menuliskan perkataan Petrus tersebut. Setelah menyusun Kitab Injil maka Markus memberikannya kepada mereka yang memintanya. | ||
Konsili Kartago | Kanon Perjanjian Lama | 397 |
[Hal ini telah diputuskan] bahwa tidak ada sesuatu kecuali kitab suci kanonikal seyogyanya dibaca dalam Gereja di bawah nama Kitab ilahi. Namun kitab suci kanonikal yakni : Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yosua, Hakim-hakim, Rut, empat kitab Raja-raja, Paralipomenon dua buku yakni : I Tawarikh dan II Tawarikh, Ayub, Mazmur Daud, lima kitab Salomo, duabelas kitab nabi-nabi yakni : Yesaya, Yeremia, Daniel, Yehezkiel, Tobit, Yudit, Ester, dua kitab Ezra, dua kitab Makabe. | ||
Konsili Kalsedon | Otoritas Gereja Roma | 451 |
Yang tersuci dan terberkati Leo, Uskup Agung Roma yang agung dan tua, MELALUI kami, dan MELALUI sinode tersuci saat ini, bersama dengan Petrus tersuci tiga kali [thrice holy] dan mulia, yang menjadi batu karang dan fondasi Gereja Katolik, dan fondasi iman Orthodox, telah melucuti dia [Diascorus] dari jabatan uskupnya. Oleh sebab itu, biarlah sinode yang agung dan suci ini menghukum Dioscorus – EBB. | ||
Konsili Konstantinopel I | Otoritas Gereja Roma | 381 |
Uskup Konstantinopel boleh mendapatkan primat kehormatan setelah Uskup Roma sebab kotanya adalah Roma Baru. | ||
Konsili Konstantinopel II | Maria [Keperawanan abadi] | 553 |
Apabila ada orang yang tidak mengakui Firman Allah…datang dari Surga dan menjadi daging dari Sang Perawan Maria yang suci dan mulia, Bunda Allah dan perawan kekal, dilahirkan oleh Maria, maka biarlah dia dikutuk [Anathema]. | ||
Konsili Efesus | Otoritas Gereja Roma | 431 |
Philip….seorang utusan dari Tahta Apostolik berkata : “Tidak ada keraguan dan faktanya telah diketahui dari segala zaman, bahwa Petrus yang paling suci dan terberkati….menerima kunci Kerajaan Allah dari Tuhan kita….dan kepadanya diberikan kuasa untuk melepaskan dan mengikatkan : dia yang bahkan hingga kini dan selamanya hidup dan menjadi hakim di dalam pengganti-penggantinya”. | ||
Konsili Hippo | Kanon Perjanjian Lama | 393 |
[Hal ini telah diputuskan] bahwa disamping kitab suci kanonikal ini tidak ada sesuatu yang dibacakan dalam Gereja di bawah nama Kitab ilahi ini. Tetapi kitab injil kanonikal ini adalah sebagai berikut : Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yoshua Anak Nun, Hakim-hakim, Rut, Raja-raja sebanyak empat kitab, I Tawarikh dan II Tawarikh, Ayub, Mazmur, lima kitab Salomo [Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung, dan sebagian Mazmur], duabelas kitab nabi-nabi yakni : Yesaya, Yeremia, Daniel, Yehezkiel, Tobit, Yudit, Ester, dua kitab Ezra, dua kitab Makabe. | ||
Konsili Mileum II | Baptisan Bayi | 416 |
Siapapun yang berkata bahwa bayi-bayi itu baru dihasilkan dari ibu mereka ? Jabang bayi seharusnya tidak dibaptis atau berkata bahwa bayi-bayi tersebut memang dibaptis untuk penghapusan dosa, namun bahwa mereka tidak mendatangkan apapun dari dosa asal Adam, yang ditambahkan dalam tempat regenerasi…maka biarkanlah di kutuk [ekskomunikasi]. Karena apa yang dikatakan oleh Paulus ? Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.[Roma 5:12] ? , tidakkah dimengerti selain daripada Gereja Katolik dimanapun selalu telah memahaminya. Karena atas dasar aturan iman ini bahkan bayi-bayi yang didalam diri mereka tidak dapat melakukan dosa lebih jauh lagi maka dengan demikian mereka dibaptis untuk penghapusan dosa, sehingga mereka yang telah berhubungan dari generasinya boleh dibersihkan dosa-dosanya melalui proses regenerasi. | ||
Konsili Nikea I | Gereja Katolik | 325 |
Dan siapapun yang berkata bahwa terdapat suatu waktu ketika Anak Allah tidak ada (en pote hote ouk en) atau bahwa sebelum Dia dilahirkan maka Dia tidak ada, atau bahwa Dia dibuat dari sesuatu yang tidak ada atau bahwa Dia berbeda substansinya atau esensinya [dari Sang Bapa] atau Dia adalah seorang mahluk atau subjek perubahan atau konversi – semua yang berkata demikian, maka Gereja Katolik dan Gereja Apostolik mengutuk mereka. (Credit:Catholic.com) | ||
Konsili Roma | Kanon Perjanjian Lama | 382 |
Sekarang kita harus memperlakukan kitab injil ilahi ini, apa yang Gereja Katolik universal terima dan apa yang seharusnya Gereja jauhi. Urutan Perjanjian Lama mulai dari berikut ini : Kejadian – satu kitab; Keluaran – satu kitab; Imamat – satu kitab; Bilangan – satu kitab; Ulangan – satu kitab; Yosua [Anak Nave] – satu kitab; Hakim-hakim – satu kitab; Rut – satu kitab; Raja-raja – empat kitab [1 dan 2 Samuel serta 1 dan 2 Raja-raja]; Paralipomenon [Kronikel] – dua kitab; Mazmur – satu kitab; Salomo – tiga kitab; Pengkhotbah – satu kitab; Kidung Agung – satu kitab; Kebijaksanaan – satu kitab; Sirakh – satu kitab; begitu juga kitab-kitab historis, yakni : Ayub – satu kitab; Tobit – satu kitab; Esdras – dua kitab [Ezra dan Nehemiah]; Ester – satu kitab; Yudit – satu kitab; Makabe – dua kitab. | ||
Konsili Sardica | Otoritas Gereja Roma | 342 |
Apabila ada uskup kehilangan pertimbangan dalam beberapa perkara [yang diputuskan oleh rekan-rekan uskupnya] dan masih percaya bahwa dia tidak memiliki perkara yang jelek kecuali hanya perkara yang baik, agar perkara tersebut boleh diadili secara baru…maka marilah kita hormati kenangan rasul Petrus dengan memperhatikan mereka yang telah memberikan pertimbangan serta menuliskan surat ke Julius, Uskup Roma, sehingga apabila perkara ini layak maka Paus sendiri boleh mengutus pengadil dan pertimbangan boleh dibuat lagi melalui uskup-uskup di provinsi tetangganya. | ||
Kanon Perjanjian Lama | 140 |
Kamu tidak boleh ragu-ragu terhadap keputusanmu [Sir 1:28]. Tanganmu jangan terulur untuk menerima, dan untuk mengembalikan jangan terkatup. | |||
Didimus Si Buta | Maria (Keperawanan kekal) | 386 |
Ini membantu kita untuk memahami terma “pertama dilahirkan” [first-born] dan “hanya-dilahirkan” [only-begotten] ketika Sang Evangelis tersebut menceritakan bahwa Maria tetap seorang Perawan “sampai [maksudnya sampai kapan pun-red] dia melahirkan anak pertamanya” [Mat 1:25]; karena tidak juga Maria, yang dihormati dan dimuliakan di atas semua yang lainnya, tidak menikah dengan siapapun juga, tidak juga dia pernah menjadi Bunda dari orang lain [maksudnya ibu biologis dari orang lain selain Yesus-red], bahkan setelah kelahiran Putranya, Maria tetap selalu dan selamanya perawan tak bernoda. | ||
Dionisius | Otoritas Gereja Roma | 170 |
Saat ini kita memperingati hari suci Yesus, dimana kita telah membaca suratmu [Paus Soter]. Kapan pun kami membacanya [dalam Gereja], dengan cara demikian kami boleh memanfaatkannya, seperti halnya ketika kami juga membaca surat pertama yang ditulis kepada kami oleh Clement. | ||
Catatan harian Egeria, tentang Ziarah | Kurban Misa | 380 |
Mengikuti selesainya dari Martirium, setiap orang berlanjut di belakang Salib, ketika setelah himne dinyanyikan dan doa diucapkan, uskup mengadakan kurban dan setiap orang menerima Komuni. Sepanjang tahun kurban tidak pernah diadakan di belakang Salib salvus kecuali hanya pada hari ini. | ||
Kaisar Justinian | Otoritas Gereja Roma | 520 |
Kepada Paus Hormisdas…”Biarlah Kerasulanmu menunjukkan bahwa engkau secara layak menggantikan Rasul Petrus, sejak Tuhan berkenan berkarya melalui engkau, sebagai Pastor Tertinggi, untuk keselamatan semua orang”. | ||
Eulogius dari Alexandria | Otoritas Gereja Roma | 581 |
Tidak juga kepada Yohanes, tidak juga kepada rasul-rasul lainnya, dimana Penyelamat kita berkata, “Aku akan memberikan kepadamu kunci Kerajaan Surga”, namun dikatakan hanya kepada Petrus. | ||
Eusebius dari Caesarea | Tradisi (yang diterima) | 120 |
Namun Papias sendiri dalam pembukaan tulisannya, tanpa maksud apapun menyatakan bahwa dia sendiri adalah pendengar dan saksi mata dari Rasul-rasul suci, namun dia menunjukkan melalui kata-kata yang dia gunakan bahwa dia menerima doktrin iman dari mereka yang merupakan kawan-kawannya. Dia berkata : “Tapi aku tidak akan ragu-ragu untuk meletakkan kepadamu jabatan uskup ini, yang digantikan oleh Telesphorus, ke-tujuh dalam suksesi para Rasul. Sementara itu, setelah selang setahun dan beberapa bulan, Eumenes, pengganti ke-enam dalam urutan jabatan uskup, menggantikan kepemimpinan Gereja Alexandria, pendahulunya telah memegang jawaban selama sebelas tahun. | ||
Firmilian | Otoritas Gereja Roma | 253 |
Paus Stephen….membual tentang jabatan uskupnya dan menantang bahwa dia memegang suksesi dari Petrus, yang kepadanya dijadikan fondasi Gereja [Mat 16:18]…..Stephen mengumumkan bahwa dia meneruskan suksesi tahta Petrus. | ||
Otoritas Gereja Roma | 449 |
Menulis surat ke Paus Leo I….”Seluruh pertanyaan [tentang Eutychianism –EBB] hanya butuh satu keputusanmu dan semuanya akan diselesaikan secara damai dan tenang. Surat sucimu dengan bantuan Allah akan menekan secara komplit kaum bidat….dengan begitu pemanggilan konsili yang apabila nantinya sulit akan dibawakan menjadi isu yang tak penting”. (Sebagaimana dikutip dalam Vladimir Soloviev, Russia dan Gereja Universal, terj.H Rees (London : Geoffrey Bless, 1948), hal.134) | |||
Gregorius dari Tours | Maria (tak berdosa) | 584 |
Jalan hidup ini telah diselesaikan oleh Maria yang Terberkati, ketika saatnya dia akan dipanggil dari dunia ini, semua rasul datang bersama-sama dari wilayah mereka ke rumah Maria. Dan ketika mereka mendengar bahwa dia akan dibawa dari dunia ini, lalu mereka memperhatikan bersamanya. Dan Lihatlah, Tuhan Yesus datang bersama para malaikatNya, dan membawa jiwa Maria, Dia memberikan jiwanya kepada malaikat Michael dan lalu menariknya. Tetapi pada saat fajar, para rasul mengangkat tubuh Maria pada tandu jenazah dan menempatkannya di dalam sebuah makam, dan mereka menjaga tubuhnya, menantikan Tuhan akan datang. Dan lihatlah, sekali lagi Tuhan berdiri disamping mereka; tubuh suci itu telah diterima, Dia memerintahkan agar tubuh Maria dibawa dalam awan menuju ke surga, dimana pada saat ini, bergabung dengan jiwanya, tubuh Maria bersukacita bersama orang-orang pilihan Tuhan dan ada dalam sukacita keabadian yang tidak akan pernah berakhir. | ||
Gregorius Thaumaturgus | Maria (Theotokos atau Bunda Allah) | 262 |
Karena Lukas, dalam narasi injilnya menyampaikan sebuah kesaksian bukan hanya kepada Yosef, namun juga kepada Maria Bunda Allah, dan memberikan laporan melalui rujukan dari keluarga dan rumah Daud. (Credit : Alex) | ||
Hermas Sang Gembala | Otoritas Gereja Roma | 80 |
Oleh karena itu akankah engkau [Hermas] menulis dua buah buku kecil dan mengirimkan satu buah kepada Clement [Uskup Roma] dan satu buah lagi kepada Grapte. Clement lalu akan mengirimkanya kepada kota-kota diluar negeri, karena ini adalah tugasnya. | ||
John Calvin | Aborsi/Kontrasepsi | 1553 |
Ini adalah hal yang mengerikan untuk membuang benih diluar hubungan badaniah antara laki-laki dan perempuan. Dengan sengaja mencegah hubungan badaniah, yang dengan begitu benih itu jatuh ke tanah, adalah perbuatan yang mengerikan dua kali lipatnya. Karena hal ini berarti bahwa orang hanya memuaskan harapan akan keluarganya dan membunuh seorang anak yang dapat diharapkan sebelum dia dilahirkan. Kejahatan ini sebengis mungkin dikutuk oleh Roh, melalui Musa bahwa Onan, seperti dulu kala, melalui kelahiran yang jahat dan sebelum waktunya, meninggalkan benih saudaranya di luar rahim dan begitu kejamnya serta memalukan, telah melemparkannya ke bumi. Lagipula demikianlah dia, sebanyak dia berkuasa, mencoba untuk menghancurkan bagian dari ras manusia. Ketika seorang wanita dengan beberapa cara menghalangi benih di luar rahimnya, melalui bantuan-bantuan [teknis-red], maka hal ini secara tepat dapat dilihat sebagai kejahatan yang tidak bisa dimaafkan. Onan bersalah atas kejahatan serupa ini, dengan mencemarkan bumi dengan benihnya, sehingga Tamar tidak akan menerima seorang pewaris masa depan. (Credit : Dave Amstrong) | ||
Otoritas Gereja Roma | 430 |
Orang hebat itu, rasulnya para rasul, masternya para master, yang memegang pemerintahan Gereja Roma itu memiliki otoritas dasar dalam iman dan dalam ke-imamatan. Oleh karenanya, katakanlah, kami mohon kepadamu, Petrus, Pangeran para Rasul, katakanlah bagaimana Gereja harus percaya dalam Allah. | |||
Yohanes Sang Pengajar Iman | Maria (tak berdosa) | 400 |
Tuhan berkata kepada ibuNya ? Biarlah hatimu bersukacita dan bergembira, karena setiap kemurahan hati dan setiap karunia telah diberikan kepadamu dari BapaKu di Surga dan dari Ku dan dari Roh Kudus. Setiap jiwa yang memanggil namamu tidak akan malu, namun akan menemukan belas kasihan dan kesenangan dan dukungan serta keyakinan, baik di dunia saat ini dan di dunia yang akan datang, dalam kehadiran BapaKu di surga ? | ||
Yohanes VI | Otoritas Gereja Roma | 715 |
Paus Roma, kepala ke-imamatan Kristen, yang kepada Petrus, Tuhan telah memerintahkan Petrus untuk menguatkan saudara-saudaranya. | ||
John Wesley | Aborsi/Kontrasepsi | 1753 |
Kebiasaan untuk menikahi janda dari saudaranya, yang sesudah itu dijadikan salah satu hukum Musa, Deut.xxv, 5. Onan, meskipun dia menyetujui untuk mengawini seorang janda, namun menyalahgunakan tubuhnya sendiri, dari istri yang dia nikahi itu, dan ingatan akan saudaranya telah hilang, dia menolak untuk memelihara benih saudaranya itu. Dosa-dosa yang mencemarkan tubuh sangat tidak menyenangkan Allah dan ini adalah bukti dari tindakan yang busuk. Amatilah hal-hal yang mana kita lakukan tidak menyenangkan Allah – Dan hal ini akan ditakuti, ribuan orang, khususnya orang-orang yang masih single, bahwa melalui perbuatan seperti ini, masih saja tidak menyenangkan Tuhan dan merusak jiwa mereka. | ||
Purgatori/Doa-doa untuk mereka yang telah meninggal. | 307 |
Tetapi juga, ketika Allah akan menghakimi orang yang adil, sama halnya api bahwa dia akan mencobai mereka. Pada saat itu, mereka yang dosa-dosanya paling besar, baik karena gawatnya situasi maupun jumlah dosa mereka, akan ditarik bersama-sama oleh api dan akan dibakar. Tetapi, mereka yang telah dikarunia dengan keadilan yang penuh dan kedewasaan akan kebajikan, tidak akan merasakan api itu; karena mereka mempunyai sesuatu tentang Allah di dalam diri mereka dimana kekuatan api tersebut akan ditolak dan dipukul mundur. | |||
Maria (keperawanan abadi) | 426 |
Kami mengakui, bahwa Tuhan dan Allah kami, Yesus Kristus, satu-satunya Anak Allah, dilahirkan oleh Bapa sebelum segala abad, dan di waktu sekarang ini, dilahirkan menjadi manusia dalam Roh Kudus dan di dalam Maria Sang Perawan Abadi. | |||
Otoritas Gereja Roma | 516 |
Macedonius menyatakan, ketika diminta oleh Kaisar Anastasius untuk mengutuk Konsili Kalsedon, bahwa “langkah demikian tanpa sebuah Sinode Ekumenis yang dipimpin oleh Paus Roma adalah hal yang tidak mungkin”. | |||
Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 400 |
Kristus mengambil roti dan piala, masing-masing dalam sebuah cara yang sama, dan berkata : “Inilah TubuhKu dan inilah DarahKu”. Ini bukanlah suatu gambaran dari TubuhNya dan bukan pula gambaran dari DarahNya, seperti beberapa orang yang kepala batu biasa menjadi gembira karena pikiran mereka, tapi dalam Kebenaran bahwa Tubuh dan Darah Kristus, dilihat bahwa TubuhNya adalah berasal dari bumi, dan roti serta anggur serupa pula berasal dari bumi. | |||
Tradisi (yang diterima) | 200 |
Lalu takut akan hukum dinyanyikan, dan rahmat para rasul diketahui, dan iman dari Injil ditetapkan, dan tradisi Para Rasul dipegang teguh, dan rahmat Gereja dimuliakan. | |||
Berdoa kepada Orang-orang Kudus | 300 |
Kami sambut engkau selamanya, Bunda Allah yang Perawan, sukacita yang terus-menerus, karena kepadamu Aku berbalik lagi. Engkau adalah permulaan perayaan kami; engkau adalah pertengahan dan bagian akhirnya; mutiara dari harga yang mahal yang memiliki kerajaan Allah; sasaran empuk dari setiap korban, altar hidup dari Roti Hidup [Yesus]. Sambutlah, engkau mewarisi kasih Allah. Sambutlah, engkau sumber kasih Sang Putera bagi manusia. Engkau bersinar, Bunda pelimpahan karunia yang manis, dengan sinar matahari; engkau bersinar dengan api yang tak tertanggungkan dari kasih yang paling kuat, membawa kepada akhir yang dikandung oleh engkau, mewujudkan misteri yang tersembunyi dan tak terkatakan, yakni Putera Bapa yang tak terlihat – Pangeran Damai, yang dengan tingkah laku mengagumkan menunjukkan DiriNya sebagai yang paling kecil diantara semua kekecilan. | |||
Optatus dari Milevus | Otoritas Gereja Roma | 367 |
Di kota Roma tahta episkopal diberikan pertama kali kepada Petrus; kursi dimana Petrus duduk, kursi yang sama yang adalah kepalanya, itulah sebabnya dia juga disebut sebagai Cephas [Batu Karang] dari semua rasul, kursi yang satu yang mana persatuan dijaga untuk semua orang. Tidak ada rasul-rasul yang secara perorangan memiliki kursi tersebut untuk dirinya dan setiap orang yang [menganggap] membuat kursi yang lain dalam oposisi kepada kursi yang tunggal itu maka secara factual akan menjadi seorang skismatik dan pendosa….Ingatlah, bahwa asal-muasal kursimu itu, terutama mereka yang ingin mengklaim untuk dirinya sendiri gelar Gereja kudus. | ||
Tradisi (yang diterima) | 225 |
Karena sebagaimana kita berhenti mencari kebenaran (sekalipun demikian profesi orang-orang Yunani dan Barbar membuat mereka terkenal) diantara semua yang mengklaim kebenaran Kristus sebagai pendapat yang eror, setelah kita menjadi percaya bahwa Kristus adalah Putera Allah dan diajak bahwa kita harus belajar dari DiriNya sendiri; maka dengan melihat bahwa ternyata ada banyak orang yang berpikir bahwa mereka memegang pendapat Kristus namun beberapa orang lain berpikir sebaliknya dari para pendahulu mereka, namun sebagaimana ajaran Gereja, yang mentransmisikan secara teratur suksesi dari para rasul dan tetap tinggal dalam Gereja-gereja hingga saat ini, maka kebenaran tersebut masih tetap dipertahankan, bahwa kebenaran itu sendiri diterima sebagai kebenaran yang tidak berbeda dari tradisi gerejawi dan rasuliah. | |||
Berdoa kepada Orang-orang Kudus | 375 |
Aschandius, ayahku, kekasih hatiku, bersama ibu dan saudara-saudara seangkatanku, ingatlah Pectoriusmu ini dalam damai dari Sang Ikan [Kristus-lambangnya ikan pada zaman. penganiyaan romawi-red] | |||
Otoritas Gereja Roma | 449 |
Kami mendesakmu pada setiap aspek, saudaraku yang kuhormati, untuk tetap patuh pada apa yang telah ditulis oleh Paus yang terberkati dari Kota Roma, karena Petrus yang terberkati yang hidup dan memimpin tahtanya sendiri, telah memberikan kebenaran iman kepada mereka yang mencarinya. Karena dengan alasan tujuan damai dan iman, kita tidak dapat menguji suatu perkara iman tanpa persetujuan Uskup Roma. | |||
Paus Agatho | Tradisi (yang diterima) | 680 |
Gereja Allah yang kudus…telah didirikan di atas batu karang yang solid dari Gereja Petrus yang terberkati ini, pangeran para rasul, yang dengan rahmat dan penjagaannya tetap bebas dari segala kesalahan, [dan memiliki iman itu] maka seluruh penguasa dan imam, baik dari kaum klerus dan umat awam, secara mutlak boleh mengakui dan mengajarkan bersama kami sebagai deklarasi yang benar dari tradisi apostolik, agar dapat menyenangkan Allah dan menyelamatkan jiwa-jiwa mereka. | ||
Paus Celestine I | Otoritas Gereja Roma | 431 |
Kami memerintahkan kepadamu [utusanku kepada Konsili Efesus] perlunya tugas untuk menjaga otoritas Tahta Apostolik. Dan apabila instruksi yang disampaikan ini kepadamu harus menyebutkan hal ini dan apabila engkau harus hadir dalam sidang itu, dan apabila timbul pendapat yang kontroversial maka kamu tidak boleh melakukan pertempuran namun engkau harus menilai pendapat-pendapat tersebut [atas namaku]. | ||
Otoritas Gereja Roma | 382 |
Demikian juga didekritkan…bahwa ini seharusnya diumumkan bahwa…Gereja Roma Kudus telah ditempatkan di garda depan bukan oleh keputusan konsiliar dari gereja-gereja lainnya namun telah menerima primatnya melalui suara evangelis dari Tuhan dan Penyelamat kita, yang berkata : Engkaulah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut pun tak akan mampu mengatasinya; dan Aku akan memberikan kepadamu kunci kerajaan Surga dan apapun yang kau ikat di bumi akan dianggap terikat di surga dan apapun yang kau lepaskan di bumi akan dianggap dilepaskan di surga ? [Mat 16:18]. Dengan demikian tahta pertama, adalah Petrus Sang Rasul, yakni Gereja Roma, yang tidak juga ternoda dan tidak pula bercacat dan tidak juga hal-hal seperti itu. | |||
Paus Innocent I | Otoritas Gereja Roma | 408 |
Dalam mencari hal-ihwal Allah…mengikuti teladan dari tradisi kuno…engkau telah memperkuat….kekuatan agamamu dengan alasan yang benar, karena engkau telah mengakui bahwa suatau penghakiman akan dirujuk kepada kami, dan ini telah menunjukkan bahwa engkau mengetahui apa yang diberikan oleh Tahta Suci, apabila semua dari kita menempatkan dalam posisi ini maka adalah suatu hasrat untuk mengikuti rasul sendiri [Petrus] yang daripadanya tahta episkopat itu berasal dan otoritas total akibat nama ini telah muncul. Mengikuti Petrus, kami tahu bagaimana caranya mengutuk iblis seperti juga kami tahu bagaimana caranya menyetujui apa yang patut dipuji. Atau kami cenderung menjaga bersama-sama dengan jabatan imamatmu apa yang Bapa-bapa Gereja tetapkan, sehingga engkau tidak memandang apa yang telah mereka tetapkan, bukan dengan penilaian manusia namun dengan penilaian ilahi, seperti halnya barang yang akan diinjak-injak. Bapa-bapa Gereja tidak memandang sesuatu seperti telah selesai, meskipun hal ini merupakan kepedulian yang tetap dan provinsi-provinsi terpencil, sampai masalah ini menjadi perhatan Tahta Roma, sehingga apa yang merupakan keputusan yang adil mungkin ditegaskan oleh otoritas Tahta Suci, dan kemudian gereja-gereja lainnya, sama seperti seluruh air berasal dari sumber mereka yang hidup dan melalui wilayah yang beranekaragam dari seluruh dunia ini, tetaplah menjadi cairan yang murni dari kepala yang tidak rusak. | ||
Paus Leo I | Otoritas Gereja Roma | 445 |
Tuhan kita Yesus Kritus….menetapkan ibadah yang berasal dari agama ilahi…..Tapi Tuhan berhasrat agar sakramen rahmat ini dapat berhubungan dengan semua rasul sehingga dengan cara demikian bahwa sakramen ini dapat ditemukan secara prinsipil dalam diri Petrus yang terberkati, tertinggi dari para rasul. Dan Tuhan menginginkan rahmat ini mengalir ke dalam seluruh tubuh mulai dari Petrus sendiri, layaknya dia adalah kepala, sehingga dengan cara demikian bahwa setiap orang yang berani untuk memisahkan dirinya sendiri dari solidaritas Petrus akan menyadari bahwa dia sendiri tidak dapat lagi menjadi pembagi dalam misteri ilahi….[Kalian, saudara-saudaraku], harus menyadari bersama kami, tentunya, bahwa Tahta Apostolik karena penghormatannya, maksudku adalah Tahta Suci mempunyai alasan yang tak terhitung yang dilaporkan dalam konsultasi dengan uskup-uskup bahkan di uskup Provinsimu [Viene]. Melalui banding dari bermacam perkara yang diserahkan ke Tahta Suci ini, keputusan yang telah dibuat ternyata telah ditarik kembali atau ditegaskan, seperti didiktekan berdasarkan kebiasaan yang lazim. | ||
Paus Siricius I | Maria (Keperawanan kekal) | 392 |
Engkau memiliki alasan yang baik untuk takut pada pikiranmu bahwa kelahiran yang lain mungkin terjadi dari rahim perawan yang sama, dimana Kristus dilahirkan menurut daging. Karena Tuhan Yesus tidak mungkin pernah memilih untuk dilahirkan dari seorang perawan apabila Dia menilai bahwa Maria akan sekotor itu sehingga mencemarkan benih manusia dengan melakukan hubungan badaniah, yang merupakan tempat kelahiran tubuh Kristus, kediaman Sang Raja Kekal. | ||
Injil Pertama Yakobus | Maria (keperawanan abadi) | 120 |
Dan Annas sang penulis datang kepadanya [Yosef]….dan melihat bahwa Maria ada bersama-sama dengan seorang anak kecil. Lalu Yosef berlari dari hadapan imam dan Annas berkata kepadanya, “Yosef, kepada siapa engkau telah menjaminkan, maka engkau telah melakukan kejahatan yang serius”. Dan sang imam itu berkata, “Bagaimana jadinya ?” Dan sang imam berkata, “Dia telah mencemarkan sang perawan yang kepadanya dia menerima tempat Tuhan dan menikahi Maria secara diam-diam”. Dan sang imam berkata, “Maria, mengapa engkau melakukan hal ini ? Dan mengapa engkau membuat jiwamu rendah dan melupakan Tuhan Allahmu ?”…Dan Maria menangis dengan sedihnya sambil berkata, “Sebagaimana Tuhan Allahku hidup, Aku seorang yang murni dihadapanNya dan tidak mengenal laki-laki”. | ||
[Melito Palsu] | Maria (tanpa dosa) | 300 |
Apabila karenanya hal ini berjalan dengan kuasa dari Rahmatmu, maka telah nampak jelas kepada kami hamba-hambamu ini, seperti halnya engkau telah mengatasi kematian, memerintah dalam kemuliaan, dengan begitu engkau akan membangkitkan tubuh Bundamu dan membawa dia bersamamu, bersukacita ke dalam surga. Lalu kata Penyelamat [Yesus] ? Jadilah itu menurut kehendakmu ? | ||
Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 190 |
Kudus, kudus, kuduslah Hari Tuhan, surga dan bumi penuh dengan kemuliaanmu. “Surga penuh dan penuhlah bumi dengan kemuliaanMu yang agung, Tuhan Segala Yang Baik. Penuh juga KurbanMu, dengan kekuatanMu dan PersatuanMu; karena kepadaMu lah kami mempersembahkan Kurban hidup, Kurban tak bernoda ini. KepadaMu kami persembahkan roti ini, yang adalah serupa dengan Tubuh dari Satu-satunya Yang Dilahirkan. Roti ini adalah serupa dengan Tubuh KudusMu karena Tuhan Yesus Kristus pada malam dikhianati, mengambil roti dan memecahkan serta memberikan roti tersebut kepada para muridNya sambil berkata, “Ambil dan makanlah, inilah Tubuhku, yang dibagikan bagimu, demi penghapusan dosa-dosa”. Atas dasar hal ini, kami mempersembahkan Tubuh, untuk menuntun kami serupa dengan KematianNya dan kami berdoa : Persatukanlah kami semua, Oh Allah kebenaran, bermurah hatilah kepada kami. Dan seperti Roti yang terpecah-pecah melampaui gunung-gunung dan ketika dikumpulkan menjadi satu, maka begitu juga kami berkumpul di GerejaMu yang kudus dari segenap bangsa dan negara dan dari setiap kota dan desa serta dari setiap rumah dan membuat TubuhMu menjadi satu Gereja Katolik yang hidup. Kami juga mempersembahkan Piala, serupa dengan DarahMu, karena Tuhan Yesus mengambil piala setelah Dia makan roti dan Dia berkata kepada para muridNya, “Ambil, minumlah ini, ini adalah perjanjian baru, dimana DarahKu ditumpahkan kepada kalian demi penghapusan dosa-dosa”. Untuk alasan ini juga, kami menawarkan piala, agar kami dapat serupa dengan DarahNya. Oh Allah kebenaran, semoga FirmanMu [Logos] yang Kudus menyertai Roti ini, sehingga Roti ini dapat menjadi Tubuh Sang Logos, dan pada piala ini, semoga Piala ini menjadi Darah Kebenaran. Dan membuat semuanya yang berkomunikasi menerima perbaikan hidup, menyembuhkan setiap penyakit dan memperkuat setiap perkembangan dan nilai-nilai kebaikan; bukan untuk dikutuk, Oh Allah kebenaran, bukan untuk mencemari dan mencela kami ! Karena kami memohon kepadaMu, Yang Tak Diciptakan, melalui Satu-satunya Yang Dilahirkan [Bukan Dijadikan] dalam Roh Kudus. Bermurah hatilah kepada umatMu ini, yang diutus untuk menghancurkan Iblis dan untuk menjaga keamanan GerejaMu. Kami memohon kepadaMu juga atas nama mereka yang telah meninggal dunia, kepada mereka juga ini merupakan suatu peringatan : - setelah menyebutkan nama-nama mereka : - Sucikanlah jiwa mereka, karena Engkau mengenal mereka semua; sucikanlah mereka semua yang beristirahat dalam Tuhan dan perhitungkanlah mereka diantara orang-orang KudusMu dan berilah mereka tempat dan kediaman di kerajaanMu. Terimalah juga rasa syukur dari Umatmu dan berkatilah mereka yang mempersembahkan persembahan dan rasa syukur dan limpahilah kami dengan kesehatan dan integritas serta suka cita dan berkatilah pula setiap perkembangan jiwa dan tubuh secara keseluruhan dari UmatMu ini melalui AnakMu satu-satunya Yesus Kristus dalam Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang dan selama-lamanya dalam seluruh generasi dan dalam segala abad. | |||
Serapion dari Thmuis | Meminyaki Orang Sakit (Sakramen Perminyakan) | 350 |
[minyak ini]…anugerah yang baik dan berguna untuk penghapusan dosa-dosa, untuk obat kehidupan dan keselamatan, untuk kesehatan dan kualitas jiwa, tubuh dan roh, dan untuk peneguhan yang sempurna. | ||
Otoritas Gereja Roma | 649 |
Menulis kepada Paus Theodore…”O Kepala Suci, Kristus Allah kita telah menghendaki Tahta SuciNya untuk menjadi fondasi yang tak berubah dan sebagai pilar Iman. Karena engkaulah, sebagaimana Sabda Ilahi benar-benar berkata, Petrus, dan kepadamu sebagai batu fondasi, menjadi pilar dari Gereja yang telah didirikan. | |||
Otoritas Gereja Roma | 450 |
…gereja-gereja tidak akan membuat peraturan yang melawan pendapat uskup Roma. | |||
St.Ambrosius dari Milan | Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 190 |
KemiskinanNya memperkaya, pinggiran jubahNya menyembuhkan, kelaparanNya mengenyangkan, KematianNya memberikan kehidupan, PemakamanNya memberikan kebangkitan. Dengan demikian, Dia adalah harta yang tak ternilai, karena RotiNya mahal. Dan “mahal” adalah cocok untuk orang yang telah makan roti ini dan tidak akan mampu merasakan lapar. Dia memberikan roti ini kepada para Rasul untuk didistribusikan kepada orang yang percaya, dan hari ini Dia memberikannya kepada kita karena Dia, sebagai imam, setiap hari mengkonsekrasikan roti dengan Kata-kataNya sendiri. Dengan demikian, roti ini telah menjadi makanan bagi orang-orang kudus. | ||
330 | St. Athanasius, Surat Festal 29 Namun engkau diberkati, yang melalui iman ada dalam Gereja, tinggal di atas fondasi iman, dan memiliki kepuasan yang penuh, bahkan tingkat iman yang tertinggi yang menetap diantara kalian tidak akan tergoncang. Karena hal ini datang padamu berasal dari tradisi Apostolik dan secara berulang-ulang telah membuat iri hati mereka yang berniat menggangu iman tersebut, namun tidak akan mampu. | ||||
St. Agustinus dari Hippo | Pertobatan | 395 |
Dengan tiga cara dosa-dosa dihapuskan melalui Gereja; yakni melalui Baptisan, melalui doa-doa, melalui kerendahan hati yang besar setelah bertobat; tapi Allah tidak menghapuskan dosa-dosa kecuali kepada orang yang dibaptis. | ||
St. Basilius Agung | Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 372 | St. Basilius Agung, Surat 93 Adalah hal yang baik dan bermanfaat untuk berkomunikasi setiap hari dan mengambil bagian dari Tubuh yang Suci dan Darah Kristus. Karena Dia dengan jelas berkata, “Dia yang makan dagingku dan minum darahku memiliki hidup yang kekal”. | ||
St. Clement dari Roma | Suksesi Apostolik | 80 |
Para Rasul telah memberitakan Injil kepada kami dari Tuhan Yesus Kritus; Yesus Kristus [menjadi yang pertama yang berasal Allah. Kristus diutus oleh Allah dan para Rasul diutus oleh Kristus. Kedua penunjukkan ini, dibuat dengan cara yang teratur, menurut kehendak Allah. Setelah menerima perintah ini, dan setelah dijamin secara penuh melalui kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dan perintah ini ditetapkan dalam Sabda Allah, dengan jaminan penuh dari Roh Kudus, para Rasul kemudian memproklamasikan bahwa Kerajaan Allah ada dalam jangkauan kita. Dengan memberitakan di banyak negara dan kota, para Rasul menunjuk buah-buah pertama mereka [dari hasil pekerjaannya], yang dibuktikan pertama kali oleh Roh Kudus, untuk menjadi uskup atau diakon dari mereka yang kemudian menjadi percaya. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, karena memang beberapa abad sebelumnya hal ini telah ditulis [dinubuatkan-red] berkaitan dengan uskup dan diakon. Demikian Injil berkata di beberapa tempat, : Aku akan menunjuk uskup mereka dalam kebenaran dan diakon untuk mereka dalam iman”. Rasul-rasul kita juga mengetahui, melalui Tuhan Yesus Kristus bahwa akan ada perselisihan atas jabatan episkopat. Untuk alasan inilah, makanya sebagaimana mereka telah memperoleh pengetahuan yang lebih maju dan sempurna akan jabatan itu, mereka menunjuk [pelayan-pelayan gerejawi] yang telah disebutkan dan setelah itu memberikan instruksi bahwa apabila mereka tertidur [tidak menjalankan pelayanannya-red], orang lain akan ditunjuk oleh para rasul atau berikutnya ditunjuk oleh rasul yang terpandang, dengan persetujuan seluruh Gereja dan siapa pun yang dalam tugas melayani kawanan Kristus tidak bersalah, melayani dengan roh yang rendah hati, damai dan netral serta berpengalaman dalam memberikan pendapat yang baik bagi semua orang maka mereka tidak dapat dikeluarkan jabatan pelayanannya secara tidak adil. Sebab dosa kita akan besar apabila kita mengusir dari jabatan episkopat mereka yang tidak bersalah dan memenuhi tugasnya dengan penuh kekudusan. Diberkatilah para presbiter yang setelah menyelesaikan tugas mereka sebelum masa ini, mereka telah mendapatkan keberangkatan [ke surga-red] yang berbuah dan sempurna; karena mereka tidak mengenal rasa takut kecuali oleh orang yang mengambil dari mereka tempat yang ditunjukkannya bagi mereka ini. Tapi kami melihat bahwa engkau telah memindahkan beberapa orang yang berperilaku mulia dalam pelayanannya, dimana mereka menjalankannya tanpa salah dan dengan rasa hormat. | ||
St. Ciprian dari Kartago | Kanon Perjanjian Lama | 248 |
Dalam Kitab Kejadian [dikatakan] Dan Allah mencobai Abraham dan berkata kepadanya, “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu [Kej 22:12]….Tentang hal yang sama pula dalam Kebijasanaan Salomo [dikatakan] : “Kalaupun mereka disiksa menurut pandangan manusia, namun harapan mereka penuh kebakaan” [Keb.Salomo 3:4]. Tentang hal yang sama pula dalam Makabe [dikatakan] : “Bukankah Abraham ternyata setia dalam pencobaan, dan tidakkah itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran ? [1 Makabe 2:52; lihat juga Jas 2:21-23]. | ||
St.Cyril dari Alexandria | Baptisan Bayi | 408 |
Kebiasaan Gereja Induk dalam membaptiskan bayi adalah hal yang pasti dan bukan untuk dicemooh, bukan untuk dipandang dengan cara apapun sebagai hal yang tak berguna, bukan juga dipercayai bahwa tradisi ini adalah sesuatu yang baru namun baptisan bayi ini bersifat apostolik. | ||
St. Cyril dari Yerusalem | Purgatori/Mendoakan orang-orang yang sudah meninggal | 350 |
Lalu kami juga menyebutkan mereka yang telah lebih dulu beristirahat dalam Tuhan; pertama-tama para Patriak, para Nabi, para Rasul dan martir, bahwa melalui doa-doa dan permohonan mereka kepada Allah maka Allah akan menerima petisi kami; kedua kami juga menyebutkan bapa-bapa suci dan uskup yang telah dulu beristirahat dalam Tuhan, dan memohonkan kepada mereka, orang-orang yang ada diantara kami yang telah lebih dulu beristirahat, karena kami percaya bahwa ada manfaat yang besar untuk jiwa-jiwa mereka kepada siapa petisi ini disampaikan dimana pada saat yang bersamaan kurban tersuci dan terkhidmat diadakan. | ||
Maria (tak berdosa) | 361 |
Engkaulah sendiri dan juga Ibumu lebih cantik daripada orang lain, karena tidak ada cacat dalam dirimu dan tidak pula ada noda dalam Ibumu. Siapakah diantara anak-anakmu yang dapat membandingkan kecantikan mereka dengan kecantikan kalian ? | |||
Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 374 |
Kami memahami bahwa Penyelamat mengambil [sesuatu] dalam tanganNya, seperti halnya ada dalam Injil, ketika Dia berbaring di perjamuan dan Dia mengambil ini, dan Dia mengucapkan syukur, sambil berkata : “Ini adalah benar-benar TubuhKu”. Dan Dia memberikannya kepada para muridNya sambil berkata : “Ini adalah benar-benar DiriKu”. Dan kami memahami bahwa tidak mungkin sama atau serupa, tidak serupa dengan citra inkarnasi, tidak serupa dengan keilahian yang tak terlihat, tak serupa dengan bagian dari CabangNya. Karena ini adalah potongan bentuk, ketiadaan rasa. Sebagaimana kuasaNya, Dia bermaksud berkata tentang RahmatNya, “Inilah sungguh-sungguh DiriKu”; dan tidak ada orang yang tak percaya kata-kataNya. Karena setiap orang yang tidak percaya kebenaran terhadap apa yang Dia katakan akan dicabut dari rahmat dan dari Sang Penyelamat. | |||
St. Fulgentius dari Ruspe | Kurban Misa | 524 |
Pegang teguh dan jangan ragu-ragu sedikitpun bahwa Anak Allah Satu-satunya yang adalah Sabda Allah dan menjadi Daging menawarkan DiriNya sendiri dalam keharumanNya sebagai Kurban dan sebagai Korban kepada Allah atas nama kita; kepadaNya lah, bersama dengan Sang Bapa, dan Roh Kudus, dan dalam masa Perjanjian Lama binatang dikorbankan oleh Patriak dan para nabi serta imam-imam, dan kepadaNya lah sekarang, maksudku dalam masa Perjanjian Baru, bersama Sang Bapa dan Sang Roh Kudus, kepadaNya lah Dia terangkum dalam SatuAllah [Godhead], Gereja Katolik yang Kudus tidak henti-hentinya dalam iman dan bersuka cita untuk mempersembahkan sepanjang jengkal dunia ini kurban Roti dan Anggur…..Dalam kurban yang terdahulu, apa yang dipersembahkan di masa depan ditandakan secara kiasan, namun dalam kurban yang sekarang apa dipersembahkan kepada kita, maka hal ini benar-benar nyata. Dalam kurban terdahulu maka hal ini dipermaklumkan ke depan bahwa Anak Allah akan dibunuh bagi orang-orang kafir; namun saat ini hal ini dipermaklumkan bahwa Dia telah dibunuh untuk orang-orang kafir. | ||
St.Gregorius dari Nazianzus | Berdoa lewat Orang-orang Kudus | 380 |
Semoga engkau [Cyprian] dari atas melihat dengan baik ke bawah ke arah kami, dan tuntunlah kata-kata dan hidup kami; agar kami dapat menggembalakan kawanan suci ini…engkau yang bergembira dalam Trinitas Kudus, di depan kami engkau berdiri. | ||
St. Gregorius dari Nyssa | Maria (Theotokos atau Bunda Allah) | 370 |
Seperti halnya, dalam masa Maria bunda Allah kita, Dia Allah yang telah memerintah sejak Adam sampai ke masa Maria pada akhirnya, ketika Dia datang kepadanya dan menggerakkan kuasanya terhadap buah-buah keperawanannya sebagai batu karang, bahwa Dia terpecah-pecah dalam beberapa bagian pada diri Maria, dengan begitu setiap jiwa yang melewati hidup ini dalam daging di bawah proteksi keperawanan Maria, kuasa kematian dihancurkan dan dibatalkan, karena Dia tidak menemukan tempat dimana Dia boleh memperbaiki sengatanNya. (Source) - (Credit: Alex) | ||
St. Hilarius dari Poitiers | Maria (perawan kekal) | 354 |
Apabila mereka [saudara-saudara seangkatan Tuhan] telah menjadi anak-anak Maria dan bukan berasal dari pernikahan terdahulu Yosef, maka Maria tidak akan pernah diberikan kesempatan merasakan penderitaan [penyaliban] Kristus mulai dari rasul Yohanes sebagaimana Maria menjadi Ibunya, Tuhan berkata kepada mereka, “Perempuan, lihatlah anakmu”, dan kepada Yohanes. “lihatlah Ibumu” [Yoh 19:26-27], sebagaimana Dia mewarisi kasih sayang kepada seorang rasul sebagai penghiburan kepada orang yang sedang berduka. | ||
200 |
(Source) | ||||
St.Ignatius dari Antiokia | Otoritas Gereja Roma | 110 |
Kalian [Gereja di Roma] tidak membuat cemburu siapa pun namun orang-orang lain yang kalian ajarkan. Aku berkeinganan hanya apa yang kamu perintahkan dalam instruksi-instruksimu boelh bertahan dalam kuasanya. | ||
St. Irenaeus | Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 180 |
Lalu demikian, apabila piala dicampurkan dan roti yang dibuatkan menerima Sabda Allah dan menjadi Ekaristi, dengan kata lain, Darah dan Tubuh Kristus, yang membangun dan menghasilkan substansi daging kita, bagaimana mungkin orang-orang ini dapat mengklaim bahwa daging itu tidak mampu untuk menerima karunia hidup kekal dari Allah, yakni ketika diberikan makanan Darah dan Tubuh Kristus dan menjadi anggotaNya ? Seperti yang dikatakan oleh Paulus dalam surat kepada Gereja di Efesus, “Karena kita adalah anggota TubuhNya, anggota DagingNya dan anggota TulangNya (Efesus 5:30). Dia tidak berbicara tentang beberapa jenis manusia “spiritual” dan “tak terlihat”, karena roh tidak memiliki daging” [Luk 24:39]. Tidak, Dia tidak berbicara tentang organisme yang dimiliki oleh manusia riil, yang terdiri dari daging dan urat saraf serta tulang. Ini adalah sesuatu yang diberikan makan oleh piala yang adalah TubuhNya dan dikuatkan oleh roti yang adalah TubuhNya. Batang anggur mengakar pada bumi dan menghasilkan buah, dan “butiran gandum jatuh ke bumi” [Yoh 12:24], terpecah, tumbuh kembali, menghasilkan banyak buah yang berisi Roh Allah dan akhirnya setelah melalui proses yang terampil, diserahkan kepada manusia untuk digunakan. Dua barang ini, gandum dan batang anggur, kemudian menerima Sabda Allah dan menjadi Ekaristi, yang adalah Tubuh dan Darah Kristus. | ||
St.Jerome [St.Hieronimus] | Petrus di Roma | 377 |
Aku pikir ini adalah kewajibanku untuk berkonsultasi dengan kursi Petrus, beralih ke Gereja yang imannya telah dipuji oleh Paulus. | ||
St.Yohanes Krisostomos | Kristus hadir secara penuh dalam Ekaristi | 370 |
Dengan kata-kata ini, “Inilah TubuhKu”, yakinlah karenanya dan percayalah, dan lihatlah dengan mata pikiran. Karena Kristus tidak memberikan sesuatu yang nyata, namun bahkan dalam hal-hal yang nyata semuanya adalah bersifat intelektual. Begitu juga dengan Baptisan : karunia ini dilimpahkan melalui apa yang berupa benda yang nyata, air, tetapi apa yang dikerjakan oleh air itu dapat dirasakan secara intelektual : kelahiran dan pembaharuan. Apabila engkau adalah mahluk halus [incorporeal-tanpa materi atau substansi-red]. Dia akan memberikanmu karunia yang bersifat tanpa materi secara telanjang; namun karena jiwa ini terjalin bersama dengan tubuh; Dia menyerahkan kepada kalian benda-benda yang nyata yang dapat dirasakan secara intelektual. Bagaimana banyak orang berkata, “Aku ingin Aku bisa melihat bentukNya, kehadiranNya, JubahNya, dan SandalNya. Hanya dengan melihat ! Engkau lihat Dia ! Engkau sentuh Dia ! Engkau makan Dia ! | ||
St. Yohanes Damaskus | Otoritas Gereja Roma | 740 |
Gereja bersifat monarkial dari permulaannya, karena Rasul Petrus yang kepadanya Doktor Gereja kita mempertimbangkan beliau sebagai yang dipanggil pertama kali dan yang pertama mengikuti Penyelamat. | ||
St. Yustinus Martir | Maria (tak berdosa) | 155 |
[Yesus] menjadi manusia melalui Sang Perawan sehingga lewat cara yang diambil melalui ketidakpatuhan pada permulaan waktu lewat perantaraan ular adalah cara yang akan ditinggalkannya. Hawa, seorang perawan dan tak tercemar, tertipu oleh kata-kata ular dan menanggung ketidaktaatan dan kematian. Namun Sang Perawan Maria menerima iman dan sukacita ketika malaikat Gabriel memaklumkan kepadanya khabar gembira bahwa Roh Tuhan akan datang menyertainya dan kuasa dari Maha Tinggi akan menaunginya, dengan maksud bahwa Yang Kudus yang dilahirkan oleh Maria adalah Anak Allah. Dan dia menjawab ? Jadilah kepadaku menurut kehendakmu ? [Luk 1:38]. | ||
St. Macarius dari Mesir | Otoritas Gereja Roma | 371 |
Musa digantikan oleh Petrus, yang diberikan komitmen oleh Yesus sebuah Gereja Kristus baru dan jabatan imamat yang benar. | ||
St.Maximus Sang Pengaku Iman | Otoritas Gereja Roma | 642 |
Aku takut berpikir untuk melanggar hukum-hukum suci, apabila aku melakukan hal ini [menulis surat ke Petrus – EBB] tanpa mengetahui kehendak orang-orang dari Tahta Apostolik yang tersuci, yang memimpin dengan benar seluruh persediaan dari Gereja Katolik dan memerintah dengan ketentuan sesuai dengan hukum ilahi….Apabila Tahta Roma mengakui Pyrrhus untuk menjadi bukan hanya sebagai bajingan namun juga seorang yang sesat, maka hal ini jelas apa adanya bahwa setiap orang yang mengutuk mereka yang telah menolak Pyrrhus juga mengutuk Tahta Roma, yakni, dia mengutuk Gereja Katolik. Saya hampir tidak perlu menambahkan bahwa dia mengekskomunikasikan dirinya sendiri, apabila dia memang dalam persatuan dengan Tahta Roma dan Gereja Katolik Allah…Biarkan dia mempercepat langkahnya sebelum segala sesuatunya memuaskan Tahta Roma, karena apabila hal ini dipenuhi, semua akan setuju dengan menyebut dia saleh dan orthodox. Karena dia hanya berbicara sia-sia apabila dia…..tidak menyenangkan dan memohon dengan sangat kepada Paus terberkati dari Gereja Katolik tersuci dari orang-orang Roma, bahwa Tahta Suci, yang berasal dari inkarnasi Anak Allah sendiri, dan juga berasal [dari] seluruh sinode suci, menurut kanon dan definisi suci, telah menerima dominasi universal dan tertinggi, sebuah otoritas, dan kuasa untuk mengikat dan melepaskan seluruh gereja-gejara Allah yang kudus di seluruh dunia – karena bersama Roma, Sabda Allah yang di atas kuasa surgawi itu [maka apa yang terikat dan terlepas di bumi dianggap-red] juga terikat dan terlepas di surga. Karena apabila dia berpikir bahwa dia harus menyenangkan yang lainnya, dan gagal untuk memohon kepada Paus Roma yang terberkati, maka dia juga bertindak seperti seseorang yang ketika dituduh membunuh atau melakukan kejahatan lainnya, tidak segera membuktikan ketidakbersalahannya kepada hakim yang ditunjuk oleh hukum tapi juga secara percuma dan tanpa manfaat meski dia berbuat yang terbaik untuk membuktikan ketidakbersalahannya kepada masing-masing warga, yang tidak memiliki kuasa untuk membebaskan dia. | ||
St. Nicephorus | Otoritas Gereja Roma | 828 |
Tanpa kepadanya [Orang-orang Roma yang memimpin dalam Konsili ketujuh] sebuah doktrin yang dibawa ke dalam Gereja tidak dapat, meski ditegaskan oleh dekrit kanonik dan oleh penggunaan gerejawi, meski pernah mendapatkan persetujuan penuh atau pemberlakuannya. Karena inilah mereka [Paus-paus Roma] yang telah menugaskan kepada mereka aturan dalam hal-ihwal yang kudus, dan yang telah menerima dalam tangan mereka wibawa kepemimpinan diantara para Rasul. | ||
St.Petrus dari Alexandria | Maria (Theotokos atau Bunda Allah) | 305 |
Mereka yang terlibat dalam jasa transportasi public datang kepada gereja Bunda Allah terberkarti dan Selalu-Perawan Maria, seperti kita berkata pada awalnya, dia telah membuat konstruksi di sebuah distrik, di pinggiran kota, untuk pemakaman orang-orang kudus. (Credit: Alex) | ||
St.Policarpus | Kanon Perjanjian Lama | 135 |
Berdirilah teguh, dengan demikian, dalam hal-hal ini, dan mengikuti teladan Tuhan, menjadi kokoh dan tidak dapat berubah dalam iman, mengasihi saudara-saudara [1 Pet.2:17]….Ketika kamu dapat berbuat yang terbaik, jangan tunda, sebab ? Memang sedekah melepaskan dari maut dan tidak membiarkan orang masuk ke dalam kegelapan; Memang sedekah melepaskan dari maut dan menghapus setiap dosa. Orang yang melakukan sedekah akan menjadi puas dengan umurnya. [Tob 4:10, 12:9]. Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua [1 Pet 5:5], 2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.[1 Pet.2:12]. Tetapi sekarang, apakah lagi urusan-Ku di sini? demikianlah firman TUHAN. Umat-Ku sudah dirampas begitu saja. Mereka yang berkuasa atas dia memegahkan diri, demikianlah firman TUHAN, dan nama-Ku terus dihujat sepanjang hari![Yes 52:5] | ||
St.Sophronius | Otoritas Gereja Roma | 638 |
Pengajaran kami semua tentang ortodoksi dan pemusnahan seluruh ajaran sesat dan memaksa kesesatan itu menjauh dari tempat Gereja Katolik yang kudus yang dilindungi oleh Allah. Dan bersama-sama dengan silabel dan karakter ini, Aku menerima seluruh surat-suratnya [paus] dan ajaran-ajarannya sebagaimana hal ini berasal dari mulut Petrus Sang Pemimpin [Coryphaeus] dan Aku mencium surat-surat itu dan memberikan perhormatan kepadanya dan memeluknya bersama dengan seluruh jiwaku….Aku mengenal ajaran tersebut sebagai ajaran Petrus dan ajaran yang terdahulu seperti Markus dan disamping itu, semua ajaran surgawi dari semua mystagogues [seorang edukator orang yang memiliki pengetahuan akan misteri kudus-red] pilihan dari Gereja Katolik kita. | ||
St.Theodore dari Monasteri [Tempat Biara] Istambul | Otoritas Gereja Roma | 826 |
Seorang pengganti yang nyata dari pangeran para Rasul memimpin atas Gereja Roma. Kami sungguh percaya bahwa Kristus tidak meninggalkan Gereja di sini [Konstantinopel], karena bantuan dari engkau [Paus-red] telah menjadi satu-satunya bantuan sejak dari awal dan berasal dari orang yang tua melalui Kehendak Allah dalam masa-masa kritis ini. | ||
St.Vincent dari Lerins | Tradisi (yang diterima) | 434 |
Tetapi beberapa orang mungkin akan mempertanyakan, karena kanon Kitab Suci sudah lengkap dan memadai dari dirinya sendiri untuk setiap persoalan, dan bahkan lebih dari memadai, lalu apa yang lagi yang perlu ditambahkan di sana bersama dengan otoritas dari interpretasi Gereja ? Untuk alasan ini – sebab, dengan memperhatikan dalamnya Kitab Suci, semua orang tidak menerimanya dengan pemahaman yang satu dan sama, tetapi ada orang memahami kata-kata di Kitab Suci dengan cara yang satu, orang lainnya dengan cara yang berbeda; sehingga kitab suci nampaknya mampu melakukan interpretasi sebanyak yang dibutuhkan para pentafsir/penerjemah. Karena itu Novatian memperinci kitab suci dengan caranya sendiri, Sabellius dengan cara yang lain, begitu juga Donatus, Arius, Eunomius, Macedonius, Photius, Apollinaris, Priscillian, Iovinian, Pelagius, Celestius, dan terakhir Nestorius, mereka masing-masing menafsirkan kitab suci dengan berbeda-beda. Dengan demikian, adalah hal yang perlu, atas dasar kompleksitas yang besar sekali dari berbagai macam kesalahan, bahwa aturan untuk mengerti secara benar tentang para nabi dan rasul harus dibuat sesuai dengan standar interpretasi Katolik dan Gerejawi [Ecclesiastical]. | ||
Stephan Uskup Dora | Otoritas Gereja Roma | 645 |
…dipandu oleh tingkah laku dan memaklumkan hal-hal ini kepada Kursi [Petrus di Roma] yang memerintah dan memimpin mereka semua, Aku maksudkan kepada kalian, sebagai kepala dan yang tertinggi, untuk mengobati seluruh luka. Karena sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan hal ini dan merujuk dari tahta yang tua dan dari awalnya memang demikian dan dengan kuasa berdasarkan otoritas kanonik atau apostolik, karena Petrus yang sungguh agung, kepala dari Para Rasul, dengan jelas dipertimbangkan secara layak bukan hanya untuk dipercayai melalui kunci kerajaan surga, terpisah dari rasul yang lain, untuk membuka secara pantas hati orang-orang yang percaya, atau menutup dengan adil mereka yang tidak percaya kepada Injil Rahmat namun karena Petrus juga ditugaskan untuk menggembalakan domba-domba dari seluruh Gereja Katolik; karena inilah “Petrus”, kata Tuhan, “apakah engkau mengasihiKu ?” Gembalakanlah domba-dombaKu”. Dan lagi, karena dia memiliki tingkah laku yang khusus dan istimewa, sebuah iman dalam Tuhan yang lebih kuat daripada semua orang dan tak tergoyahkan, untuk mempertobatkan dan menegaskan rekan-rekan Petrus dan angkatan-angkatan rohaniahnya ketika mereka ditampi/dicobai, seperti yang telah dipercantik oleh Allah Yang Berinkarnasi untuk kita dengan kuasa dan otoritas sakerdotal [jabatan imamat]. Dan Sophronius [Patriak Jerusalem (c.638 – EBB]…mempercepat langkahnya untuk menyampaikan ke-bukan apa-apan-ku kepada Tahta Apostolik yang agung…Lintasilah secara cepat seluruh dunia dari satu ujung ke ujung lainnya sampai engkau datang kepada Tahta Apostolik [Roma] yang adalah fondasi dari doktrin yang orthodox….Jangan berhenti berdoa dan memohon kepada mereka sampai kebijaksanaan Ilahi dan apostolik mereka sudah akan menyatakan penghakimannya yang jaya dan menghancurkan dari akarnya…yakni bidat baru. | ||
Baptisan (Trinitaris) | 200 |
Karena hukum pembaptisan telah diberlakukan dan formulanya disusun sbb : “Pergilah,”Dia berkata, “ajarkanlah segala bangsa, baptislah mereka dalam nama Sang Bapa, Sang Putera, dan Sang Roh Kudus”. | |||
Sang Labirin Kecil | Petrus di Roma | 211 |
Victor, yang adalah uskup Roma ke-tigabelas sejak Petrus. | ||
Otoritas Gereja Roma | 450 |
Apabila Paulus, sang bentara kebenaran, corong Roh Kudus, pergi cepat-cepat kepada Petrus yang agung, untuk membawa dari Petrus sebuah solusi bagi mereka yang ada di Antiokia, yang pada saat itu sedang hidup di bawah hukum, maka berapa banyak lagi yang kami lakukan, kami yang miskin, rendah hati, berlari kepada Tahta Apostolik [Roma] untuk menerima dari engkau [Paus Leo] kesembuhan bagi luga-luka Gereja. Karena hal ini berkaitan dengan engkau yang memiliki primat dalam segala hal; karena tahtamu dihiasi dengan banyak [hak-red] prerogatif. | |||
Konsili Ketiga di Konstantinopel | Otoritas Gereja Roma | 680 |
Terdiri dari 170 Uskup-uskup Timur [680 AD], menulis kepada Paus Agatho sebagai “Kepala Gereja…[dan kursinya] sebagai Tahta Pertama dari Gereje Ekumenis”. | ||
Timotius dari Yerusalem | Maria (tak berdosa) | 400 |
Dengan demikian Sang Perawan adalah kekal sampai hari ini, melihat bahwa Dia yang telah tinggal dalam dirinya mengangkut Maria ke dalam bagian pengangkatannya [tubuh dan jiwa Maria-red]. |
No comments:
Post a Comment