August 23, 2011

Nabi dan Rasul dalam Kristen

disadur dari: http://terangdaritimur.blogspot.com/2009/07/nabi-dan-rasul-dalam-kriste.html


Hari ini kita akan membahas tentang Nabi dan Rasul dalam Kristen. Dalam agama sebelumnya yaitu Yahudi, nabi adalah seorang laki-laki atau perempuan (nabiah) yang menerima Firman Allah. Apa bedanya dengan rasul? Seorang nabi hanya menyebarkan kabar gembira hanya di sekitar Israel saja.


Rasul adalah murid-murid Yesus yang menyebarkan ajaran tentang Yesus dan Gereja. Tugas utama rasul yaitu menyebarkan kabar gembira (Injil) Yesus ke seluruh dunia. Para rasul adalah saksi Gereja dalam Kristus, karena mereka berinteraksi dengan Yesus secara langsung. Sebagai orang Kristen mungkin kita bingung mengenai kebenaran AJARAN Yesus, ”banyak” sekali pihak-pihak mengklaim diri sebagai Gereja dan mempunyai ajaran Kristus sendiri, akan tetapi tidak mengakui ajaran para rasul. Para rasul Yesus merupakan KUNCI dari semua ajaran Yesus Kristus. Karena mereka adalah murid-muridNya sendiri.


Untuk mencari kebenaran ajaran Yesus, tidak perlu kita pindah dari gereja a ke gereja b yang pengajarannya tidak berdasarkan kebenaran Allah melainkan kebenaran sendiri (Roma 10:2) Cukuplah kita mencari kebenaran Yesus melalui pengganti para rasul yaitu Penilik jemaat/ Episkopos. Sebab para rasul selalu mempunyai pengganti yang disebut "suksesi". Contoh kepatriarkhan Konstaninopel (Yunani) pengganti rasul Andreas, kepatriarkhan Yerusalem pengganti rasul Yakobus, kepatriarkhan/katolikos India pengganti St. Thomas, kepatriarkhan Aleksandria (Mesir) pengganti St. Markus, kepatriarkhan Anthiokia Siria pengganti St. Petrus, dan lain-lain. Jadi intinya adalah para nabi dan para rasul mempunyai tugas menyebarkan keselamatan. Dan keselamatan yang dibawa oleh Yesus bisa dilacak melalui Para rasul dan pengganti-penggantinya yang ada dalam Gereja Purba yang Orthodox. Amin.

No comments:

Post a Comment