January 23, 2011

Para Patriarkh “Pentarkhi” (Lima Pusat Patriarkhat Purba) Saat Ini, Minus Kepausan Roma (Ut Omnes Unum Sint I)

Oleh :
Presbyter Rm.Kirill JSL
(Omeц Кирилл Д.С.Л.)
GEREJA ORTHODOX INDONESIA 
(THE INDONESIAN ORTHODOX CHURCH)




A.) Sri Bapa Suci, Episkop Agung Konstantinopel, Roma Baru dan Patriarkh Ekumenis, Bartolomeus I (Yunani: Η Αυτού Θειοτάτη Παναγιότης, ο Αρχιεπίσκοπος Κωνσταντινουπόλεως, Νέας Ρώμης και Οικουμενικός Πατριάρχης, Βαρθολομαίος Α'), Patriarkh Ekumenis Konstantinopel, dan “Primus Inter Pares” (Yang terutama di antara yang sederajat”) dalam persekutuan Gereja Orthodox Timur (Eastern Orthodox Communion), Patriarkh Konstantinopel ke-270 dari Takhta St. Andreas di Fanar, Istambul, Turki. Menduduki takhta Patriarkhat mulai 2 November 1991 – sekarang.



B.) Sri Bapa Suci Theodoros II, Paus dan Patriarkh Alexandria dan Seluruh Afrika (Yunani: Η Α.Θ.Μ. ο Πάπας & Πατριάρχης Αλεξανδρείας & Πάσης Αφρικής κ.κ. ΘΕΟΔΩΡΟΣ Β΄). Bergelar resmi Sri Bapa Suci Paus dan Patriarkh Kota Agung Alexandria, Libya, Pentapolis, Ethiopia, Seluruh Mesir dan Seluruh Afrika, Bapa dari para Bapa, Gembala dari para Gembala, Imam Tertinggi dari para Imam Tertinggi, Rasul Ketigabelas dan Hakim Ekumenis. Kepala Gereja Orthodox di Afrika dan Madagaskar. Menduduki takhta Patriarkhat mulai tahun 2004 – sekarang.



C.) Sri Bapa Suci Patriarkh Ignatius IV (Hazim) dari Antiokhia dan Seluruh Timur, primat dari Gereja Orthodox Kepala Mandiri Patriarkhat Antiokhia (the autocephalous Patriarchate of Antioch). Menduduki takhta Patriarkhat mulai 1979 – sekarang. 



D.) Sri Bapa Suci Patriarkh Theophilos III dari Yerusalem, dipilih sebagai primat ke-141 dari Gereja Orthodox Yerusalem pada 22 Agustus 2005. Bergelar Patriarkh Kota Suci Yerusalem dan Seluruh Palestina, Syria, wilayah lebih luas dari Sungai Yordan, Kana di Galilea, Zion Kudus. 




E.) Sri Bapa Suci Paus Benediktus XVI, secara resmi bernama Benedictus PP. XVI dalam bahasa Latin, (lahir di Marktl am Inn, Bayern, Jerman, 16 April 1927; umur 82 tahun ;terlahir sebagai Joseph Alois Ratzinger), terpilih sebagai Paus Gereja Katolik Roma pada 19 April 2005. Dia adalah Uskup Roma, pemimpin Negara Kota Vatikan dan Gereja Katolik Roma termasuk Gereja Katolik Timur dalam komuni dengan Takhta Suci. Dia dilantik sebagai Paus secara resmi saat Misa Pelantikan Paus pada 24 April 2005 – sekarang, sebagai primat ke-265 dari Kepausan Gereja Roma Katolik

Th. 1054: Skisma Besar (Perpecahan Akbar) terjadi di dalam Pentarkhi, Kepausan Roma memisahkan diri dari 4 Patriarkhat Purba di Timur. Dua persoalan besar penyebab skisma ini diantaranya tuntutan Roma untuk supremasi Paus Universal dan tambahan kalimat Filioque pada Kredo Nikea. Meneladani perintah Tuhan Yesus Kristus Sang Kepala Gereja, marilah kita berdoa bagi pemulihan kembali Pentarkhi Lima Pusat Patriarkhat Purba: ”Aku berdoa untuk mereka, ... supaya mereka semua menjadi satu, ...” - ”ego pro eis rogo ... ut omnes unum sint ... ” (Iohannes 9; 11, 21 – 23)

No comments:

Post a Comment