July 15, 2008

Apa dan Bagaimana Berdoa Novena


oleh: P. Lawrence G. Lovasik, S.V.D.




Novena berarti sembilan hari berturut-turut memperingati suatu peristiwa atau suatu ujud dalam doa umum ataupun doa pribadi dengan sungguh-sungguh. Novena berpangkal pada praktek para rasul yang bersama Santa Perawan Maria tinggal di Yerusalem selama sembilan hari berturut-turut, dalam doa, menantikan kedatangan Roh Kudus.

 

Berdoa Novena berarti dengan sungguh hati berdoa selama sembilan hari atau sembilan Minggu berturut-turut untuk memohon rahmat. Ini sesuai dengan ajaran Yesus bahwa kita harus tekun berdoa terus-menerus dan tak pernah boleh kehilangan kepercayaan. Kepercayaan ini didasarkan pada sabda Tuhan sendiri, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan” (Lukas 11:9-10).

 

Banyak dari antara umat beriman Katolik yang berdoa novena langsung kepada Tuhan, maupun melalui perantaraan Bunda Maria ataupun para kudus lainnya.

 

Berusahalah bercakap-cakap dengan Tuhan selama Novena. Kesungguhan hati yang mutlak adalah sangat penting. Dan sebagaimana kalian bertumbuh setiap hari dalam doa dan refleksi, kalian akan menemukan cara untuk bercakap-cakap dengan Tuhan, seperti kalian bercakap-cakap dengan seorang sahabat karib. Gunakan kata-kata sederhana dalam pembicaraanmu dengan Tuhan, secara berangsur-angsur ini akan menjadi jalan bagi doa pribadimu kepada Tuhan. Kalian akan mendapati bahwa Roh Kudus menerangi pikiran kalian dan menguatkan keinginan kalian untuk melakukan kehendak Tuhan. Amin.

No comments:

Post a Comment